DPD PDI Perjuangan dan Repdem Lampung Gelar Penghijauan di Areal Bendungan Batu Tegi

0
418

TANGGAMUS, WARTAALAM.COM – Dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT).ke-50 Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lampung dan DPD Repdem serta ormas sayap mengadakan gerakan penghijauan di Bendungan Batu Tegi, Tanggamus, Sabtu (28/1/2023).

Selain HUT partai, kegiatan tersebut juga memperingati HUT Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

DPD Repdem Lampung mengapresiasi kegiatan tersebut dengan harapan kegiatan dapat menginspirasi seluruh warga di sekitar Bendungan Batu Tegi.

“Kegiatan cinta alam berarti kita telah berbuat untuk alam mengatasi global warming dan sebagai upaya pelestarian lingkungan,” kata Sekjen DPD Repdem Lampung Hendra Mahdian.

Kegiatan dihadiri bupati dan wakil bupati Tanggamus, ketua DPRD Provinsi Lampung, ketua DPRD Kabupaten Tanggamus beserta anggota faksi PDI Perjuangan Tanggamus, sekretaris DPD PDI Perjuangan Provinsi Lampung, fungsionaris DPD PDI Perjuangan Provinsi Lampung, jajaran DPC dan PAC serta ranting PDI Perjuangan Tanggamus.

Ketua DPRD Kabupaten Tanggamus Heri Agus Setiawan menceritakan sejarah pendirian Bendungan Batu Tegi.

Bendungan Batu Tegi dresmikan Presiden ke lima RI Megawati Soekarnoputri, di penghujung jabatan.

Hal itu juga yang menjadi pertimbangan penanaman pohon di Bendungan Batu Tegi.

“Ini bentuk dedikasi kami, PDI Perjuangan Lampung kepada ketua Umum.
Sebagai kader partai, kegiatan juga dapat dimaknai sebagai simbol kami siap menjaga dan melestarikan alam yang merupakan wujud pengabdian kepada bangsa dan negara,” katanya.

“Dengan kita menjaga alam maka alam juga akan menjaga kita
inilah nilai-nilai kehidupan yang perlu kita tanamkan demi masyarakat,” katanya.

Bendungan Batu Tegi juga tidak hanya memberikan kehidupan bagi warga Tanggamus, tetapi aliran bendungan juga sampai ke Lampung Tengah, Pringsewu, dan Lampung Timur.

“Inilah semangat kami untuk saling berbagi dengan sesama,” katanya.

Sebagai ketua DPRD, Heri pernah mengusulkan kepada gubernur Lampung jika Tanggamus punya hutan yang harus dijaga, punya aliran sungai yang harus dijaga, sebagai sumber air yang harus dijaga, yang juga akan mengairi kabupaten lain.

Membutuhkan support, untuk pemberdayaan masyarakat sekitar kawasan hutan, Heri berharap Provinsi Lampung punya perda yang mewajibkan daerah – daerah penerima manfaat dari hutan Tanggamus memberikan hibahnya setiap tahun untuk pemberdayaan masyarakat yang ada di sekitar hutan Tanggamus.

Nominalnya terserah kepada kemampuan masing – masing daerah dalam rangka menjaga hutan mengingat kemampuan APBD Tanggamus belum maksimal.

“Semoga rekan-rekan fraksi yang ada di provinsi bisa menindak lanjuti usulan yang telah kami ajukan kepada gubernur,” katanya.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Lampung Sutono memilih Bendungan Batu Tegi sebagai lokasi kegiatan, merupakan bentuk penghargaan kepada Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri yang telah meresmikan bendungan dan menjalankan amanat, PDI Perjuangan ikut menjaga pelestarian lingkungan. (rls)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini