Bupati Lampung Selatan Tinjau Lokasi dan Korban Banjir

0
221

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM – Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto meninjau lokasi banjir akibat hujan deras yang mengguyur sejak Rabu malam hingga Kamis (27/10/2022) pagi.

Terdapat tiga kecamatan yang desanya dilanda banjir, Kecamatan Katibung, Kecamatan Candipuro serta Kecamatan Sidomulyo.

Desa Campang Tiga, Desa Talang Baru, Desa Sukabanjar, Desa Kota Dalam, Desa Sukamaju, Desa Sidodadi, Desa Suak, Desa Tarahan dan Desa Rangai Tri Tunggal serta benerapa desa di wilayah Kecamatan Candipuro.

Nanang Ermanto mengatakan, musibah itu menjadi pelajaran bagi semua pentingnya menjaga alam dan lingkungan.

“Musibah tidak akan pernah tahu kapan akan datang, akan tetapi, kita harus memiliki tanggung jawab serta kesadaran penuh untuk bersama-sama menjaga alam dan lingkungan sekitar.”

“Kita juga harus menjaga alam dan lingkungan, jangan buang sampah sembarangan, menebang pohon sembarangan ataupun hal lainnya yang nantinya akan mendatangkan musibah, contohnya banjir,” ujarnya.

Dia meminta, seluruh warga melakukan penghijauan kembali, dengan menanam pepohonan, air dapat lebih mudah meresap.

“Saya menghimbauan bersama-sama melakukan penghijauan kembali pada lingkungan kita. Sayangi alam, kalau kita menjaga dan menyayangi alam maka alam tersebut akan menyayangi dan melindungi kita kita juga,” ujarnya.

Dia mengucapkan terimakasih kepada seluruh elemen masyarakat, baik dari jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten, kecamatan maupun desa, dari TNI/Polri, PLN dan unsur lainnya, hadir bersama-sama di tengah masyarakat.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran yang telah membantu masyarakat, saya juga berterima kasih kepada Ibu-ibu PKK yang juga sigap membantu dan hadir ditengah masyarakat yang sedang mengalami musibah, dengan membuka dapur umum. Kita semua hadir bersama-sama untuk saling membantu dan bergotong-royong,” ujarnya.

Saat di lokasi peninjauan, nampak bupati Lampung Selatan juga memberikan bantuan kepada warga sekitar di antaranya Ali, warga Desa Suak yang rumahnya roboh akibat diterjang banjir.

“Jadi ini ada bantuan dari pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, berupa paket sembako serta karpet. Mudah-mudahan membantu meringankan beban warga yang terkena bencana,” ucapnya.

Bupati Lampung Selatan bersama jajaran juga melayat ke rumah orang tua korban meninggal dunia yang diketahui kakak-beradik, Rohimah (15) dan Romlah (12) yang terkena dampak banjir dengan ketinggian mencapai 2 meter.
(amar/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini