Sekda Lamsel Hadiri Roadsow Bus KPK di Kota Bandarlampung

0
855

BANDAR LAMPUNG, WARTAALAM.COM – Sekertaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) Thamrin bersama Inspektur Kabupaten Lampung Selatan Anton Carmana menghadiri Roadsow Bus KPK di Bandarlampung Jumat (23/9/2022).

Bertempat di Halaman Transmart Bandar Lampung, Kegiatan Road Show Bus KPK tersebut bakal dilaksanakan di tiga provinsi serta sembilan kabupaten/kota, Provinsi Sumatera Selatan, Lampung, dan Banten.

Kegiatan tersebut diawali dari Provinsi Sumatera Selatan dan selanjutnya Bus bertolak ke Provinsi Lampung dengan tiga lokasi, Kota Metro, Bandarlampung dan Kabupaten Lampung Selatan yang akan berlangsung 27-28 September 2022 mendatang dan berakhir di Provinsi Banten.

Hadir dalam Roadsow Bus KPK di Kota Bandarlampung, Deputi Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK Wawan Wardiana, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Walikota Bandarlampung, Eva Dwiana, Forkopimda serta para bupati dan walikota se-Provinsi Lampung.

Deputi Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK, Wawan Wardiana mengatakan, KPK meluncurkan Roadshow Bus Antikorupsi pertama kali pada 2014 dan telah menjelajahi puluhan kabupaten/kota di Pulau Jawa dan Sumatera setiap tahunnya.

Dia menjelaskan Road show Bus KPK dengan bertemakan “Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi”, merupakan bagian dari upaya KPK dalam memberantas korupsi dengan cara membangun perilaku dan budaya anti korupsi melalui pendidikan antikorupsi, dan pencegahan korupsi lewat perbaikan sistem.

“Selain itu kami juga mengajak keterlibatan masyarakat dalam gerakan pemberantasan korupsi, KPK menyelenggarakan Program Kampanye Anti Korupsi yang merupakan serangkaian kegiatan penyadaran publik dan peningkatan partisipasi publik yang mendorong bentuk berupa aksi kolektif dan berkolaborasi,” katanya.

Wawan mengatakan, selain masyarakat umum, target utama Roadsow Bus KPK para guru, pelajar, mahasiswa dan dosen.

Terhitung sampai Desember 2021 terdapat 1462 orang yang ditangani KPK dari berbagai latar belakang, bahkan kalau dilihat dari segi usia itu ada yang berusia 24 tahun, menjadi keprihatinan bagi KPK.

Tujuan program itu menginformasikan program-program pemberantasan dan pencegahan korupsi, mengampanyekan nilai-nilai antikorupsi, serta bersinergi dengan masyarakat dalam membangun kesadaran anti korupsi, katanya.

“Kami berharap melalui program ini, KPK memberikan andil besar dalam membangun budaya antikorupsi. Kami juga berharap semua masyarakat dapat mengambil peranan dalam pemberantasan korupsi,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi serta dukungan Roadsow Bus KPK Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi tahun 2022 di Provinsi Lampung.

Kegiatan semoga memberikan manfaat yang seluas-luasnya berupa menumbuhkan serta menjaga integritas dan peningkatan akhlaq di lingkungan terkecil untuk pencegahan korupsi, ujarnya.

Gubernur Lampung juga menuturkan, berkaitan dengan hal pencegahan korupsi dan pendidikan peran serta masyarakat dalam mengkampanyekan anti korupsi pemerintah Provinsi Lampung terus berkomitmen melakukan upaya-upaya melalui implementasi pendidikan anti korupsi sejak dini yang dilaksanakan kepada peserta didik yang sudah dimasukan kedalam metode atau materi pendidikan di tingkat SMA yang nantinya juga di tingkat SMP yang ada di Provinsi Lampung.

“Saya berharap melalui Roadsow Bus KPK tahun 2022 pencegahan korupsi betul-betul diikuti dan diimplementasikan serta bermanfaat dan menjadi cerminan kita dengan niatan Provinsi Lampung bersih dari korupsi,” tuturnya. (amar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini