Aceh Barat dan Kodim 012/TU Tanam Mangrove di Pantai Batu Putih Meulaboh

0
273

ACEH BARAT – WARTAALAM.COM – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat bersama Korem 012/TU dan Forkopimda menanam 300 pohon mangrove di sepanjang Pantai Batu Putih Meulaboh, Kecamatan Johan Pahlawan, kabupaten setempat, Selasa (23/8/2022).

Penanaman mangrove tersebut merupakan program yang dgagas oPolda Aceh dalam mewujudkan Aceh Hijau (Aceh Green) yang dilaksanakan serentak di seluruh kabupaten/kota se-Provinsi Aceh, sekira 77.000 pohon

Sedangkan di Kabupaten Aceh Barat akan ditanam sekira 3.029 pohon, di sepanjang pesisir pantai.

Dalam kesempatan itu, Bupati Aceh Barat diwakili Asisten Administrasi Umum Setdakab Aceh Barat, Nyak Na, menyampaikan apresiasi atas terlaksananya penanaman mangrove program Polda Aceh dalam rangka Aceh hijau (Aceh Green) memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Selaku pemerintah daerah, kata dia, pihaknya berkomitmen dan mendukung penuh penanaman mangrove, sebagai upaya menjaga dan memelihara lingkungan, khususnya ekosistem pantai dari potensi abrasi serta berbagai ancaman lainnya.

Menurut Nyak Na, mangrove merupakan ekosistem esensial yang dapat mengurangi abrasi pantai, banjir, dan mampu menjaga kualitas air pesisir, meningkatkan keanekaragaman hayati, serta menyediakan bahan-bahan alami yang menjadi sumber mata pencaharian warga.

Dengan penanaman mangrove yang dilakukan optimal pada kawasan pesisir pantai akan membantu dalam pemulihan kondisi iklim, menjaga keseimbangan lingkungan, serta turut mendukung terwujudnya Program Aceh Hijau (Aceh Green).

“Solidaritas, kerjasama, dan kolaborasi dari semua unsur terkait merupakan kunci bagi kita dalam menjaga kelestarian lingkungan, khususnya ekosistem pantai” katanya.

Dia juga mengajak seluruh aktivis, LSM, para pegiat aksi kepedulian lingkungan, serta seluruh warga saling bahu membahu dalam menjaga kelestarian lingkungan khususnya di Kabupaten Aceh Barat, sehingga alam dan segala keindahannya dapat terus dinikmati hingga generasi mendatang.

Sementara itu, Kapolres Aceh Barat, AKBP Pandji Santoso mengatakan, kegiatan itu merupakan upaya yang digagas Polda Aceh untuk melestarikan, menjaga, serta menstabilkan daya tahan lingkungan dari abrasi dan rop di sepanjang pesisir Pantai Aceh.

“Untuk Aceh Barat, kami akan menanam 3.029 pohon mangrove, sedangkan secara simbolis kami tanam 300 pohon di sepanjang Pantai Batu Putih. Lalu, sisanya akan didistribusikan ke masing-masing kecamatan di daerah pesisir untuk ditanam,” katanya.

Dia mengapresiasi semua pihak yang telah menyukseskan kegiatan Aceh Hijau guna menjadikan pantai di sepanjang pesisir Aceh khususnya Kabupaten Aceh Barat menjadi hijau demi manfaat yang lebih baik.

Penanaman pohon mangrove di Kabupaten Aceh Barat tersebut turut dihadiri Danrem 012/TU, Kolonel Inf. Riyanto, Dandim 0105/Aceh Barat, Letkol Inf Dimar Bahtera, Kapolres Aceh Barat, AKBP Pandji Santoso, bersama unsur Forkopimda lainnya, serta seluruh unsur TNI/Polri, kepala SKPK terkait, unsur Muspika Johan Pahlawan, aktivis, LSM, para pegiat aksi kepedulian lingkungan, dan masyarakat setempat.(muh)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini