24.9 C
Bandar Lampung
Selasa, Oktober 4, 2022
spot_img
BerandaDaerahBupati Lamsel Resmikan, Pasar Kuliner Podomoro Desa Candimas

Bupati Lamsel Resmikan, Pasar Kuliner Podomoro Desa Candimas

 13 dilihat

LAMPUNG SELATAN – WARTAALAM.COM – Bupati Lampung Selatan (Lamsel) Nanang Ermanto meresmikan Pasar Kuliner Podomoro, di Desa Candimas, Kecamatan Natar, dengan pemotongan pita dan pemotongan tumbeng, Sabtu (14/5/2022).

Hadir dalam kegiatan itu para pejabat, camat beserta Uspika, kepala desa beserta aparatur, tokoh masyarakat dan warga Candimas.

Acara tersebut berlokasi di Dusun Candimas IV, RT 011, RW 005 Desa Candimas, Kecamatan Natar.

Nanang Ermanto mengatakan, pasar merupakan tempat transaksi antara pedagang dengan pembeli. Interaksi keduanya akan berdampak pada perputaran ekomi suatu wilayah.

Dia meminta para pedagang maupun pengelola pasar memperhatikan fasilitas umum, guna meningkatkan kenyamanan pengunjung.

Dengan begitu, pembeli akan meningkat serta perekonomian masyarakat pun akan terus berkembang.

Berdirinya Pasar Kuliner juga harus memperhatikan sarana dan prasarananya, dipersiapkan secara matang fasilitas seperti toilet, tempat sampah dan lahab parkir.

Hal kecil seperti itu jangan dianggap sepele, karena bisa mengurangi pengunjung ketika mereka tidak merasakan kenyamanan, ujarnya.

Pemerintah daerah, kata dia, siap mendukung kegiatan desa dalam upaya menggali potensi-potensi yang ada, dengan tujuan memajukan dan mensejahterakan warga.

Menurutnya, inovasi Pasar Kuliner Podomoro Desa Candimas dapat dijadikan sebagai langkah strategis dalam memanfaatkan peluang bisnis pada sektor perdagangan.

Desa harus berkreasi dan berinovasi meningkatkan pendapatan asli desa, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, ujarnya.

Nanang menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Desa Candimas dan seluruh pihak, yang turut andil dalam menyukseskan pembuatan Pasar Kuliner Podomoro.

Ia berharap, Pasar Kuliner yang baru diresmikan difungsikan sebagaimana mestinya, serta masyarakat harus menjaga kebersihan lingkungan pasar. Sehingga, warga desa setempat dan para pembeli nyaman.

Gunakan pasar sesuai dengan fungsinya, jaga terus kebersihan. Kalau  Pasar Kuliner bersih, warga sekitar, penjual dan pembeli juga nyaman, katanya.

Sementara, Kepala Desa Candimas Andre Suwaldi mengatakan, pembuatan Pasar Kuliner Podomoro yang di Dusun Candimas IV, RT 011, RW 005, terletak di atas lahan milik pemerintah desa dan atas prakasa bersama warga dengan pemerintah Desa Candimas serta biaya yang digunakan merupakan swadaya murni para aparatur desa dan warga.

Pembuatan kios pun disesuaikan kebutuhan bersama antara aparatur desa dengan warga. Saat ini, kios yang sudah tersedia 21 dan sudah terisi penuh, pasar mulai buka pukul 16.00 WIB sampai pukul 20:00 WIB. Pembangunan pasar kuliner itu merupakan upaya pemerintah desa, untuk menguatkan ekonomi kerakyatan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Handayani, pedagang Pasar Kuliner Podomoro mengaku, bersyukur dengan adanya Pasar Kuliner itu.

Dirinya berharap, dapat meningkatkan penghasilan pedagang.

“Alhamdulillah bisa buat menambah penghasilan, setidaknya bisa buat tambah-tambah kebutuhan keluarga, dari hasil jualan di pasar kuliner yang sudah berjalan dari sebelum puasa Ramadhan,” ujarnya. (ant).

Berita Terkait

Studi: Minum Teh Setiap Hari Kurangi Risiko Diabetes

JAKARTA, WARTAALAM.COM - Minum satu hingga tiga cangkir setiap...

Lampung Bangun Rumah Kurasi Produk untuk Pertahankan Standar Kopi

BANDAR LAMPUNG, WARTAALAM.COM - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag)...

Kopi Lampung Begawi 2022 Bangkitkan Inovasi Kopi Lampung

BANDAR LAMPUNG, WARTAALAM - Provinsi Lampung identik dengan kopi...

Soal Siltap Lampung Timur, AAPD Masuk KPK

LAMPUNG TIMUR, WARTAALAM.COM - Merasa dilecehkan, Aliansi Aparatur Pemerintahan...
spot_img
Semua Negara
623,841,379
Total kasus terkonfirmasi Kasus Covid
Updated on October 4, 2022 1:10 pm

Langganan Berita

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini