24.9 C
Bandar Lampung
Selasa, Oktober 4, 2022
spot_img
BerandaDaerahPemkab Lamsel Kucurkan Anggaran Pembangunan Rp 29 Miliar di...

Pemkab Lamsel Kucurkan Anggaran Pembangunan Rp 29 Miliar di Kecamatan Sidomulyo

 13 dilihat

LAMPUNG SELATAN – WARTAALAM.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan kucurkan anggaran pembangunan Rp 29.501.011.824 untuk Kecamatan Sidomulyo.

Hal itu terungkap dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Sidomulyo Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), yang digelar di Lapangan Desa Sidorejo, Rabu (2/2/2022).

Bupati Lampung SelatanNanang Ermanto mengatakan terdapat beberapa titik Jalan koridor di wilayah Kecamatan Sidomulyo, Way Panji dan Palas yang akan dibangun tahun ini, dengan jarak keseluruhan yakni 28,680 km dan biaya pembangunan Rp 46 miliar.

Jalan Koridor yang akan dibangun, terdapat di Desa Talang Baru hingga Desa Sidomulyo dengan jarak 3,500 km.

Kemudian, dari Desa Sidomulyo hingga Desa Sidoharjo dengan jarak 8,88 km dan Jalan Koridor Desa Sidoharjo hingga Desa Sidomakmur dengan jarak 5,5 km.

Jalan Koridor desa Sidomakmur hingga Desa Bumidaya dengan jarak 4,04 km dan yang terakhir, yaitu Jalan Koridor Desa Bumidaya hingga Desa Palas Bangunan dengan jarak 6,7 km.

“Tahun ini dibangun nih jalannya, harapan saya pak kades lebih giat lagi gotongroyong. Tadi saya berhenti di jembatan Desa Sidowaluyo, banyak tanaman dan rumput liarnya. Kalau butuh alat berat bikin surat, coba gotong royong. Jangan minta pembangunan tapi gak dirawat,” katanya.

Nanang mengatakan Musrenbang RKPD tingkat kecamatan merupakan bagian dari proses penyusunan perencanaan pembangunan daerah, hal itu tertuang dalam Undang Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan.

Dia mengatakan, agar pemerintahan kecamatan dan desa terus menggali potensi-potensi yang terdapat di wilayahnya, guna meningkatkan perekonomian masyarakat yang sempat menurun akibat adanya wabah virus korona.

“Pak kades lihat potensi daerahnya, apa yang dibutuhkan untuk menumbuhkan ekonomi di desa. Pemerintah pusat telah membagikan DD (Dana Desa) langsung dikelola desa, maka saya minta pak kades bisa memetakan desanya. Potensinya dilihat,” katanya.

Menurut dia, saat ini Kabupaten Lampung Selatan telah masuk dalam wilayah kategori miskin. Hal ini disebabkan keterbatasan pergerakan masyarakat dan para pengusaha yang disebabkan pandemi Covid-19.

Lampung Selatan sekarang masuk dalam wilayah kategori miskin. Akibat pertumbuhan ekonomi yang tidak stabil akibat pandemi Covid 19.

Pemerintah Kabupaten tidak bisa berdiri sendiri, butuh bantuan dari kecamatan dan desa untuk terus menjaga, menyosialisasikan protokol kesehatan dan lingkungan, katanya.

Nanang meminta seluruh elemen masyarakat untuk terus menjaga dan saling mengingatkan dalam menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Karena

“Kuncinya adalah kita bersama-sama menjaga protokol kesehatan, tidak berhenti, terus menerus. Kita sudah merasakan 2 tahun kita vakum segala-galanya, aktifitas kita dibatasi. Alhamdulillah Lampung Selatan level 1. Tapi bukan berarti, semau kita. Tidak menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Nanang berharap, dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan berkelanjutan, pergerakan masyarakat juga dapat kembali pulih seperti sedia kala.

Dengan demikian, akan berdampak terhadap peningkatan ekonomi daerah.

“Mudah-mudahan seluruh elemen masyarakat menjaga protokol kesehatan. Kuncinya kepedulian, kebersamaan dan gotong royong. Pertumbuhan ekonomi kita terganggu, pembangunan kita terganggu. Maka harapan saya, seluruh elemen peduli untuk menerapkan protokol kesehatan,” katanya.

Hadir dalam kegiatan Musrenbang Kecamatan Sidomulyo, anggota DPRD, Sekda Thamrin beserta pejabat utama dan kepala OPD di lingkup pemkab, Ketua TP PKK setempat Winarni serta Ketua Dharma Wanita Persatuan Yani. (hen/rif/kmf)

Berita Terkait

Soal Siltap Lampung Timur, AAPD Masuk KPK

LAMPUNG TIMUR, WARTAALAM.COM - Merasa dilecehkan, Aliansi Aparatur Pemerintahan...

Pemda dan Pengadilan Agama Kalianda akan Sosialisasikan Pencegahan Pernikahan Dini

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM - Pengadilan Agama Kalianda  bekerjasama dengan...

Agustus, Nilai Ekspor Lampung Naik 56,54 Persen

BANDAR LAMPUNG, WARTAALAM.COM - Nilai ekspor Provinsi Lampung pada...

Tingkatkan Peluang Usaha dan Investasi, Pemkab Lamsel Diskusi dengan Paguyuban Dubes RI dan DPP Lampung Sai

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM - Dalam rangka meningkatkan peluang usaha...
spot_img
Semua Negara
623,834,554
Total kasus terkonfirmasi Kasus Covid
Updated on October 4, 2022 12:10 pm

Langganan Berita

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini