BPBD Lampung Tingkatkan Kesiagaan Hadapi Bencana Alam

0
73

BANDAR LAMPUNG – WARTAALAM.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Lampung meningkatkan kesiagaan menghadapi kemungkinan terjadi bencana alam akibat peningkatan curah hujan awal tahun.

“Kami telah meningkatkan koordinasi dengan forum relawan dan BPBD kabupaten dan kota untuk meningkatkan kewaspadaan akan terjadinya bencana di awal tahun 2022,” kata Kepala BPBD Provinsi Lampung Rudy Syawal Sugiarto, Selasa (11/1/2022).

“Kejadian peningkatan curah hujan akibat La Nina sudah berlangsung sejak Oktober tahun lalu hingga Februari besok, jadi kami selalu siaga karena BMKG sudah memberikan informasi terkait keadaan cuaca secara rutin,” katanya.

Ia mengatakan, BPBD Provinsi rutin melakukan koordinasi dengan BPBD kabupaten dan kota serta forum relawan dalam mempersiapkan kebutuhan logistik dan perlengkapan pendukung upaya penanggulangan bencana.

“Kami sudah siapkan juga peralatan, mobil dapur umum, dan logistik seperti kebutuhan pokok, alat kebersihan, dan alat penunjang penerapan protokol kesehatan,” katanya.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sudah mengimbau warga Lampung untuk meningkatkan kewaspadaan pada masa puncak musim penghujan, yang diprakirakan terjadi pada awal tahun 2022.

Selain itu, BMKG memprakirakan hujan lebat pada 11 Januari 2022 berpeluang terjadi di beberapa bagian wilayah Provinsi Lampung, yakni Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, Lampung Utara, Waykanan, dan Lampung Tengah.

Pada 12 Januari, hujan lebat diprakirakan turun di Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, Lampung Utara, Waykanan, dan Lampung Tengah. (aga)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini