26.5 C
Bandar Lampung
Jumat, Oktober 7, 2022
spot_img
BerandaDaerahHimpaudi Lamsel Kembali Gelar Bimtek PAUD-HI bagi Tendik

Himpaudi Lamsel Kembali Gelar Bimtek PAUD-HI bagi Tendik

 13 dilihat

LAMPUNG SELATAN – WARTAALAM.COM – Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (Himpaudi) Kabupaten Lampung Selatan kembali menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD-HI) bagi Tenaga Pendidik (Tendik) se-Lampung Selatan, Selasa (11/1/2022).

Kegiatan itu diikuti seluruh Tenaga Pendidik (Tendik) se-Kabupaten Lampung Selatan, dengan 337 peserta. Rinciannya, para bunda PAUD Kecamatan,  bunda PAUD Desa, ketua Himpaudi, ketua IGTKI-PGRI, ketua PKG, dan
ketua IGRA.

Adapun kegiatan tersebut mengusung tema “Sinergi Bunda PAUD dan Organisasi Mitra Dalam Upaya Mensukseskan PAUD-HI”.

Kegiatan berlangsung mulai hari ini, Selasa 11 Januari 2022 hingga Rabu 12 Januari 2022, di Aula Rajabasa, sekdakab setempat.

Hadir dalam kegiatan itu, Kepala Dinas Pemberdayaan dan Perlindungan Anak (PP&PA) Anasrullah, Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Erdiansyah, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Edi Firnandi dan Direktur Lembaga Pemerhati Hak Perempuan dan Anak (LPHPA) Provinsi Lampung Tony Fisher.

Ketua HIMPAUDI Kabupaten Lampung Selatan Dyah Atik Citra Rukmi mengatakan, tujuan dilaksanakannya bimtek tersebut segera terselenggaranya PAUD-HI di Bumi Khagom Mufakat.

Dia mengatakan, hal tersebut terlaksana melalui sinergitas antara lembaga pendidik, bunda PAUD, organiasi mitra dan lintas sektoral lainnya.

Kurangnya pemahaman tentang PAUD-HI dan implementasinya bagi pendidik PAUD dan warga, munculnya pemahaman PAUD-HI adalah PAUD yang berbeda dengan PAUD pada umumnya dan harus berdiri sendiri sebagai PAUD-HI, katanya.

Dyah Atik menuturkan, Bimtek Pengembangan PAUD-HI terselenggara atas swadaya dari peserta dan kad Himpaudi Kabupaten Lampung Selatan.

Sumber dana bimtek itu, kontribusi dari peserta dan kas Himpaudi Kabupaten Lampung Selatan, untuk support undangan, katanya.

Sementara, Bunda PAUD Kabupaten Lampung Selatan Winarni Nanang Ermanto, mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran terkait, yang telah bersinergi untuk mengadakan Bimtek Pengembangan PAUD-HI.

“Saya mengapresiasi dan berterimakasih kepada jajaran pengurus daerah dan Himpaudi serta jajaran Bunda PAUD kecamatan dan desa, yang telah berswadaya mengadakan bimtek,” katanya.

Menurut Winarni, Bimtek Pengembangan PAUD-HI penting dilaksanakan di Kabupaten Lampung Selatan.

Mengingat, masih kurangnya pemahaman para Tendik mengenai pentingnya pembangunan sumber daya manusia sejak usia dini.

Dia mengatakan, bimtek itu  juga merupakan upaya merancang pendidikan anak usia dini yang berkualitas.

Terdapat pemenuhan kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling terkait secara simultan, sistematis, dan terintegrasi.

Sosialisasi PAUD-HI penting dan harus secepatnya dipahami para Tendik.

Bagaimana ketidakpahaman tentang PAUD-HI, ada juga yang belum memahami sepenuhnya PAUD-HI, sehingga mengira PAUD-HI itu berbeda katanya.

Winarni berharap, para peserta bimtek dapat memahami secara menyeluruh materi yang akan dijelaskan para narasumber mengenai PAUD-HI. Dengan demikian, penerapan PAUD-HI yang berkualitas dapat terlaksana di seluruh lembaga Pendidikan Anak Usia Dini se-Kabupaten Lampung Selatan.

“Saya berharap melalui bimtek ini dijadikan sebagai standar mewujudkan PAUD-HI yang berkualitas di Lampung Selatan. Seluruh stakeholder bisa mengoptimalkan bagaimana bisa mengembagkan PAUD-HI secara terpadu,” ujarnya. (hen/rif/kmf)

Berita Terkait

PSSI Sebut FIFA tak Bahas Sanksi Indonesia Akibat Tragedi Kanjuruhan

JAKARTA, WARTAALAM.COM - Wakil Ketua Umum PSSI Iwan Budianto...

Karateka Lampung Gondol Dua Emas di Kejurnas FORKI di Padang

BANDAR LAMPUNG, WARTAALAM.COM - Dua karateka Provinsi Lampung menggondol...

Lampung Maksimalkan Pengelolaan Kakao

BANDAR LAMPUNG, WARTAALAM.COM -Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung mengatakan mulai...

Polisi Tangkap Dua Penambang Liar di Lamtim

BANDAR LAMPUNG, WARTAALAM.COM - Polres Lampung Timur menangkap dua...
spot_img
Semua Negara
625,627,875
Total kasus terkonfirmasi Kasus Covid
Updated on October 7, 2022 7:55 am

Langganan Berita

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini