23.1 C
Bandar Lampung
Minggu, September 25, 2022
spot_img
BerandaDaerahBendungan Way Sekampung Berpotensi Menjadi Kawasan Wisata

Bendungan Way Sekampung Berpotensi Menjadi Kawasan Wisata

 11 dilihat

Bandar Lampung, wartaalam.com –Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung, Alexander Leda mengatakan selain manfaat bagi sektor pertanian Bendungan Way Sekampung juga berpotensi menjadi kawasan wisata air bagi warga.

Pembangunan Bendungan Way Sekampung yang hari ini diresmikan Presiden RI Jokowi telah selesai sesuai target yang diberikan dan bendungan ini juga berpotensi sebagai kawasan wisata air, ujar Alexander Leda, Kamis (2/9/2021).

Ia mengatakan potensi wisata tersebut didukung dengan adanya pembangunan jembatan di area bendungan yang panjangnya mencapai 300 meter.

Selain menjaga ketersediaan sumber daya air, bendungan juga bisa digunakan sebagai wisata karena ada sejumlah area yang dibangun dengan indah dan dapat digunakan sebagai spot foto, seperti jembatan yang panjangnya 300 meter, katanya.

Menurutnya, selain dapat digunakan sebagai wisata, direncanakan pula di lokasi bendungan akan dimanfaatkan sebagai area olah raga air.

“Kami sudah berbicara bersama pemerintah kabupaten Pringsewu dan persatuan olah raga dayung, untuk merealisasikan genangan di bendungan di titik tertentu sebagai arena olah raga dayung,” ucapnya.

Dia mengatakan melalui pemanfaatan potensi wisata di Bendungan Way Sekampung, dapat pula membantu memulihkan perekonomian warga di sekitar bendungan.

Bendungan ini punya manfaat yang banyak tidak hanya penggunaan air, namun masyarakat sekitar dapat mendapatkan penghasilan tambahan dengan berjualan sebagai ganti lahan mereka yang tergenang air, ujarnya.

Bendungan Way Sekampung yang berada di Kabupaten Pringsewu telah resmi dibuka Presiden RI Jokowi dan mampu memberi sejumlah manfaat yakni manfaat pertanian dapat mengairi 55.373 hektare irigasi, dari segi pemanfaatan air bersih dapat menyediakan air baku 2.737 liter per detik, lalu bisa mereduksi banjir 8,85 persen, serta dapat pula berpotensi sebagai sumber daya listrik 5,4 megawatt. (tim)

Berita Terkait

Dinas Kominfo Lamsel Gelar Perpisahan Sekretaris dan Dua PNS

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM - Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo)...

Sekda Lamsel Hadiri Roadsow Bus KPK di Kota Bandarlampung

BANDAR LAMPUNG, WARTAALAM.COM - Sekertaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan...

Kesbangpol Pringsewu Gelar Road Show Kebangsaan

PRINGSEWU, WARTAALAM.COM - Badan Kesatuan Bangsa dan politik Kabupaten...

PUPR Pringsewu Launching dan Sosialisasikan Simanis Riang

PRINGSEWU, WARTAALAM.COM - Guna mempermudah pelayanan kepada masyarakat dalam...
spot_img
Semua Negara
619,952,013
Total kasus terkonfirmasi Kasus Covid
Updated on September 25, 2022 12:40 am

Langganan Berita

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini