Warga Antusias Tunggu Kedatangan Jokowi di Bendungan Way Sekampung

0
118

Pringsewu, wartaalam.com–Ratusan warga antusias menanti kedatangan Presiden ketujuh Republik Indonesia (RI) Joko Widodo yang akan meresmikan Bendungan Way Sekampung di Kabupaten Pringsewu,  Lampung. 

Berdasarkan pantauan di lokasi Bendungan Way Sekampung,  Kabupaten Pringsewu,  Kamis,  menunjukkan  masyarakat yang datang tak hanya dari warga sekitar,  tetapi juga dari luar daerah.

Lokasi bendungan yang berada di Desa Bumi Ratu Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pringsewu,  Lampung itu masyarakat sejak siang hari telah mendatangi lokasi.

Warga selain ingin melihat bendungan,  juga secara langsung melihat kedatangan presiden.

“Saya datang ke sini (bendungan,  red)  ingin melihat secara langsung Presiden,” kata Sari warga Ambarawa, Pringsewu.

Ia mengaku kali pertama ke Bendungan Way Sekampung dan berdasarkan informasi dari kerabat yang pernah ke lokasi cukup menarik dan bagus untuk berswafoto.

Taufik warga Banyumas Kabupaten Pringsewu juga mengaku ingin melihat peresmian Bendungan Way Sekampung oleh Presiden Jokowi.

“Saya baru pertama kali ke bendungan ini. Saya ke sini (bendungan, red)  juga ingin melihat Presiden RI Jokowi, ” ujarnya.

Iringan rombongan presiden mendapatkan sambutan hangat warga di sekitar lokasi.

Jokowi saat melintasi jalan menuju Bendungan Way Sekampung melambaikan tangannya ke arah masyarakat yang menantinya .

Bendungan Way Sekampung yang dibangun dengan tipe urugan batu dan inti tegak memiliki spesifikasi yakni memiliki tinggi 47 meter, panjang 365 meter, lebar puncak bendungan 12 meter, daya tampung total mencapai 68,06 juta meter kubik dan luas genangan hingga 800 hektare.

Sementara Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung, Alexander Leda mengatakan Bendungan Way Sekampung memiliki manfaat juga bagi bidang pertanian karena mampu mengalirkan air melalui aliran irigasi dengan luas 55.373 hektare

Ia mengatakan, adapula potensi penambahan luas area baru seluas 17.334 hektare, yang saat ini baru terealisasi 5.000 hektare.

Ada pula tambahan rencana pengembangan 17.334 hektare luas area baru termasuk Bendung Jabung. Jadi bila dahulu hanya ada dua kali musim tanam sekarang bisa tiga kali tanam dengan indeks pertanaman naik dari 275 hingga 300, katanya

Menurutnya, dukungan pemenuhan kebutuhan air melalui Sekampung sistem sejumlah daerah mendapatkan manfaat pertanian melalui irigasi yang ada.

Yang mendapatkan manfaat atas adanya irigasi sawah ini Kabupaten Lampung Tengah, Lampung Selatan, Lampung Timur, Pesawaran, dan Kota Metro, ujarnya. (tim)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini