25.1 C
Bandar Lampung
Selasa, September 27, 2022
spot_img
BerandaDaerahPemkab Pringsewu Gelar Upacara HUT RI dan Ikuti Virtual...

Pemkab Pringsewu Gelar Upacara HUT RI dan Ikuti Virtual di Istana

 9 dilihat

PRINGSEWU – WARTAALAM.COM – Upacara peringatan HUT ke-76 Proklamasi Kemerdekaan RI tingkat Kabupaten Pringsewu digelar dengan peserta terbatas, ASN, TNI, Polri, juga Pramuka dan PMI dengan penerapan protokol kesehatan, di lapangan pemkab setempat, Senin (17/8/2021) pagi.

inspektur upacara Bupati Pringsewu Sujadi, perwira upacara Kapten Rachmat dan komandan upacara Kapten Redi Kurniawan. Kemudian sebagai pembaca teks pembukaan UUD 1945, Ketua DPRD Pringsewu Suherman serta doa Kepala Kementerian Agama Pringsewu A.Rifai.

Upacara peringatan HUT ke-76 RI yang mengangkat tema ‘Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh’ juga dihadiri Wakil Bupati Pringsewu Fauzi, Sekdakab Heri Iswahyudi, Kapolres Pringsewu AKBP Hamid A.Soemantri, Pabung Kodim 0424 Mayor CPM Eva Y.Kamal, kajari beserta jajaran forkopimda lainnya, juga Ketua dan Wakil Ketua TP-PKK Nurrohmah Sujadi dan Rita Irviani Fauzi beserta Ketua DWP Sri Prihatin Heri.

Sementara itu, upacara penurunan bendera, bertindak sebagai inspektur upacara wakil Bupati Pringsewu.

Pada malam sebelumnya juga dilakukan Renungan di Taman Makam Pejuang Purna Yudha Bhakti Keputran, Sukoharjo, Pringsewu.

Selain upacara peringatan HUT RI dan penurunan bendera di lapangan pemkab setempat, bupati dan wabup beserta ketua DPRD, sekda dan jajaran forkopimda Pringsewu dengan berpakaian tradisional dari Aula Pemkab Pringsewu juga mengikuti upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan secara virtual di Istana Merdeka Jakarta dengan inspektur upacara Presiden RI ketujuh Joko Widodo.

Bupati Pringsewu dalam amanatnya mengatakan, upacara Peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI memberikan penghormatan dan penghargaan atas nilai-nilai perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan dari penjajah.

Peringatan detik-detik proklamasi pada pukul 10.17-10.20 selama tiga menit, bentuk nyata sebagai pengingat peristiwa monumental perjuangan bangsa Indonesia untuk merdeka, katanya.

Bupati Pringsewu mengatakan, beberapa capaian pemerintah daerah sebagai refleksi di usia76.tahun kemerdekaan RI, di antaranya Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI kali keenam secara berturut-turut, penghargaan Kabupaten Layak Anak 2021 untuk kategori Pratama, dinobatkannya Pekon Tanjunganom di Kecamatan Ambarawa sebagai Kampung KB Percontohan di Provinsi Lampung dan lain sebagainya.

“Sesuai tema peringatan HUT ke-76 RI, ‘Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh, mari kita berdayakan segala potensi yang ada untuk kemajuan, kesejahteraan dan kemakmuran bersama, terutama di masa pandemi saat ini. Mari kita berdayakan ekonomi kreatif dan UMKM, dan kita sukseskan Gerakan Bangga Buatan Indonesia, serta bangga mencintai produk lokal Pringsewu,” kata bupati Pringsewu, mengutip pesan Presiden RI pertama Soekarno ‘Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka’. (ade)

Berita Terkait

Pekon Sukamulya Bagikan BLT DD Tahap II Tahun 2022

PRINGSEWU, WARTAALAM.COM - Pemerintahahan Pekon Sukamulya, Kecamatan Banyumas, Kabupaten...

KPK RI Kampanyekan Anti Korupsi Sejak Dini di Lamsel

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI...

10 Penyandang Disabilitas di Pringsewu Ikuti Pelatihan Membatik

PRINGSEWU, WARTAALAM.COM - Sekira 10 penyandang disabilitas di kabupaten...

Keuangan Lampung Timur Dipertanyakan

LAMPUNG TIMUR, WARTAALAM.COM - Beberapa waktu lalu, Kas Daerah...
spot_img
Semua Negara
620,805,714
Total kasus terkonfirmasi Kasus Covid
Updated on September 27, 2022 11:34 am

Langganan Berita

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini