23.3 C
Bandar Lampung
Minggu, Oktober 2, 2022
spot_img
BerandaDaerahKemenkumham Lampung Usulkan 4.491 Narapidana Dapatkan Revisi

Kemenkumham Lampung Usulkan 4.491 Narapidana Dapatkan Revisi

 10 dilihat

BANDAR LAMPUNG – WARTAALAM.COM – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Provinsi Lampung mengusulkan 4.941 narapidana dan anak yang tersebar di lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan (rutan) di provinsi ini mendapatkan remisi umum atau pengurangan masa tahanan pada HUT ke-76 Kemerdekaan RI.

Ke-4.941 narapidana yang kita usulkan mendapatkan remisi ini tersebar di 16 lapas dan rutan yang ada di Lampung, kata Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Lampung, Farid Junaedi, di Bandar Lampung, Senin (16/8/2021).

Ia mengatakan jumlah narapidana (napi) yang diajukan tersebut masih sebatas pengusulan saja dan masih harus mendapatkan atau menunggu keputusan final melalui surat Keputusan Kementrian Hukum dan HAM RI.

Farid menjelaskan pemberian remisi ini dibagi menjadi dua kategori, yakni Remisi Umum (RU) I, yang jumlahnya sebanyak 4.889 napi dan napi anak yang mendapatkan pengurangan masa hukuman dengan besaran yang berbeda-beda.

RU I ini bervariatif mulai dari 1 sampai 6 bulan. Kemudian ada juga narapidana dan napi anak yang diusulkan mendapatkan RU II atau langsung bebas sekira 52 orang, katanya.

Farid menjelaskan, pemberian remisi ini sudah sesuai Undang Undang (UU) Nomor 12 tahun 1995, pada pasal 14 ayat (1) tentang hak napi memperoleh remisi, serta Keputusan Presiden RI nomor 174 tahun 1999 tentang Remisi.

Pemberian remisi itu sesuai dengan pemantauan selama masa tahanan baik di lapas maupun rutan seperti berkelakuan baik dan dibuktikan tidak sedang menjalani hukuman disiplin dalam kurun waktu enam bulan terakhir.

Sementara untuk napi anak, ini ketentuan selama tiga bulan terakhir, kata
dia.

Ia mengatakan, remisi ini terbagi dalam dua kategori yakni administrasi dan substantif.

Untuk administrasi telah menjalani minimal enam bulan pidana penjara. Sementara substantif, harus tidak pernah melakukan pelanggaran, berbuat baik, dan melaksanakan program-program di masing-masing lapas ataupun rutan.

Ia merinci sekira 4.941 napi yang diusulkan mendapat remisi ini tersebar di Kelas 1 Bandar Lampung 606 napi, Lapas Anak Kelas II A Kotabumi (275),  Lapas Kelas IIA Kalianda (316), Lapas Kelas IIA Metro (585), Lapas Narkotika Kelas IIA Bandar Lampung (420), Lapas Kelas IIA Bandar Lampung 200 orang.

Lapas Kelas IIB Kota Agung 269 orang, Lapas Kelas IIB Way Kanan (299), LPKA Kelas II Bandar Lampung (55), Lapas Kelas III Gunung Sugih (414), Rutan Kelas I Bandar Lampung (521), Rutan Kelas IIB Kota Agung (159), Rutan Kelas IIB Sukadana (171), Rutan Kelas IIB Menggala (287),  Rutan Kelas IIB Krui (147), dan Rutan Kelas IIB Kotabumi 217 orang. (nov)

Berita Terkait

Rencana Pembangunan Karut Marut, Kepala Bappeda Lamtim Enggan Berkomentar

LAMPUNG TIMUR, WARTAALAM.COM - Indikasi Karut marutnya dalam pelaksanaan...

Hari Kedua Roadshow di Lamsel, KPK Edukasi Satuan Pendidikan

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM - Pelaksanaan hari kedua Roadshow Bus...

Pekon Totokarto Gelar Musrenbangdes Tahun Anggaran 2023

PRINGSEWU, WARTAALAM.COM - Pekon (desa) Totokarto, Kecamatan Adiluwih, Kabupaten...

Pemkab Lamtim Kangkangi Perbup

LAMPUNG TIMUR, WARTAALAM.COM - Alokasi Dana Desa (ADD) Pemerintah Kabupaten...
spot_img
Semua Negara
623,194,853
Total kasus terkonfirmasi Kasus Covid
Updated on October 2, 2022 12:55 am

Langganan Berita

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini