Kwarcab Pringsewu Persilakan Anggota Ikut Seleksi Komponen Cadangan

0
92

PRINGSEWU – WARTAALAM.COM – Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcap) Pringsewu, Lampung mempersilakan seluruh anggota Pramuka di kabupaten itu mendaftarkan diri dan mengikuti seleksi penerimaan Komponen Cadangan Pertahanan Negara.

Menurut Ka Kwarcab Pringsewu, Fauzi berdasarkan Surat Kwarda Lampung No: 093–08–A tertanggal 30 April 2021 yang ditujukan kepada para ka Kwarcab se-Daerah Lampung, yang merupakan tindak lanjut dari Surat Kwarnas Gerakan Pramuka No: 0115–00–C tertanggal 29 April 2021 perihal Komponen Cadangan Sumber Daya Nasional Pertahanan Negara dengan lampiran Surat Kwarnas dimaksud, pihaknya merasa berkewajiban untuk menyampaikan informasi itu kepada Kwartir Ranting, Gugusdepan dan/atau anggota Gerakan Pramuka yang berminat mengikuti seleksi Komponen Cadangan Pertahanan Negara.

Seleksi Komponen Cadangan Pertahanan Negara, didasarkan pada UU No: 23 tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumberdaya Nasional Pertahanan Negara dan Rapat Sosialisasi UU No: 23 tahun 2019 pada tanggal 6 April 2021 bersama Direktorat Jenderal Kementerian Pertahanan, ujarnya, Sabtu (8/5/21).

Beberapa persyaratan peserta seleksi, warga negara Indonesia, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, berusia 18 sampai dengan 35 tahun, sehat jasmani dan rohani, tidak memiliki catatan kriminalitas (berdasarkan SKCK yang dikeluarkan polres/polresta), serta mendapatkan rekomendasi dari Kwartir Cabang dan Kwartir Daerah.

Untuk salinan rekomendasi ini, kata Fauzi, disampaikan melalui email Kwarnas yakni kwarnas@pramuka.id.

Wakil Bupati Pringsewu mengatakan, dalam Surat Kwarnas yang ditandatangani Sekjen Kwarnas Mayjen TNI (Purn.) DR.Bachtiar, S.IP, M.AP, tata cara pendaftaran dan seleksi Kementerian Pertahanan akan diumumkan melalui website dan media sosial pada Mei 2021.

Tahap seleksi Komponen Cadangan Pertahanan Negara meliputi tahap administrasi dan tahap kompetensi yang diperkirakan dijadwalkan pada bulan Mei sampai dengan Juni 2021, katanya.

Untuk pelatihan Komponen Cadangan tersebut, dilaksanakan tiga bulan (Juli-September 2021), dan selama pelatihan, peserta akan mendapatkan uang saku, perlengkapan perorangan, rawatan kesehatan, jaminan kecelakaan kerja dan kematian, serta penghargaan.

Selain itu, usai pelatihan, peserta akan melaksanakan masa pengabdian kepada negara dengan dua kualifikasi, pertama yaitu masa aktif, dimana Komponen Cadangan wajib mengabdikan diri dan dimobilisasi negara melalui Kodam setempat.

Kemudian yang kedua, yaitu masa tidak aktif, yakni ketika sudah selesai pengabdian aktif dan kembali menjadi warga negara biasa dengan aktifitas misalnya pelajar, mahasiswa, dan lain-lain, dengan batas usia masa pengabdian Komponen Cadangan adalah 48 tahun. (ade)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini