28.7 C
Bandar Lampung
Jumat, September 30, 2022
spot_img
BerandaEkonomiGoogle Resmi Rilis Sistem Operasi Android 10

Google Resmi Rilis Sistem Operasi Android 10

 16 dilihat

JAKARTA, WARTAALAM.COM – Google resmi mulai merilis sistem operasi terbaru Android 10 atau yang mulanya dikenal sebagai Android Q. Sistem operasi ini sebelumnya sudah diperkenalkan dalam gelaran Google I/O beberapa bulan lalu.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, ponsel pertama yang berhak mencicipi sistem operasi Android 10 ini adalah keluarga ponsel Pixel milik Google. Android 10 hadir untuk Pixel generasi pertama hingga yang paling baru.

Artinya, ponsel yang mendapatkan update OS ini adalah jajaran smartphone seri Pixel, mulai dari Pixel 2/2 XL, 3/3 XL, dan 3a/3a XL. Ini menjadi, menarik lantaran pembaruan perangkat lunak biasanya hanya dijamin 2 tahun, sementara ponsel Pixel generasi pertama sendiri sudah dirilis sejak 3 tahun lalu.

Namun ternyata tak hanya keluarga smartphone Google Pixel saja yang bisa mencicipi sistem operasi Android 10 ini. Ponsel besutan “Bapak Android” Andy Rubin, yakni Essential Phone juga kebagian pembaruan Android 10 lebih awal. Kendati demikian, hanya Essential Phone model tertentu saja yang mendapat pembaruan tersebut.

Pembaruan sistem operasi ini dapat dilakukan secara OTA (Over The Air) melalui opsi “system update” yang tersedia pada menu pengaturan masing-masing smartphone. Namun perlu diingat, saat melakukan update, ada baiknya menggunakan koneksi WiFi yang stabil dan baterai ponsel yang terisi penuh.

Dikutip KompasTekno dari Phone Arena, Rabu (4/9), Android 10 membawa sejumlah peningkatan dan fitur baru, di antaranya adalah dark theme atau mode gelap, navigasi berbasis gestur, fitur tambahan untuk melindungi privasi dan lokasi, serta “quick actions” untuk membalas pesan dan notifikasi.

Untuk diketahui, Android 10 sendiri merupakan OS Android pertama yang diberi nama tanpa embel-embel makanan manis/kue. Angka 10 merujuk pada usia Android tahun ini yang menginjak satu dekade.

Selain perubahan nama, Google juga melakukan penyegaran terhadap logo Android. Jika selama ini “bugdroid” atau robot Android hijau selalu menampilkan satu badan yang utuh, Google kini hanya menampilkan bagian kepalanya saja. (*)

Berita Terkait

Pekon Totokarto Gelar Musrenbangdes Tahun Anggaran 2023

PRINGSEWU, WARTAALAM.COM - Pekon (desa) Totokarto, Kecamatan Adiluwih, Kabupaten...

APBD Perubahan 2022 Lamtim Rp 2,34 Triliun

LAMPUNG TIMUR, WARTAALAM.COM - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)...

Lampung Alokasikan Dana Bansos Rp10,6 Miliar

BANDAR LAMPUNG, WARTAALAM.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung mengalokasikan...

Bupati Lamsel Tandatangani Nota Kesepakatan Ranperda Perubahan APBD Tahun Anggaran 2022

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM - Bupati Lampung Selatan (Lamsel) Nanang...
spot_img
Semua Negara
622,503,532
Total kasus terkonfirmasi Kasus Covid
Updated on September 30, 2022 8:22 am

Langganan Berita

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini