Polres Pringsewu Siap Gelar Operasi Keselamatan 2024, Target Sasaran 11 Pelanggaran Lalu Lintas

0
865

PRINGSEWU, wartaalam.com – Kepolisian Polres Pringsewu akan menggelar Operasi Keselamatan 2024 yang bertujuan meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas, khususnya menjelang Idhul Fitri 1445 H/2024 M.

Operasi juga akan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia pada 4-17 Maret 2024, dengan target sasaran 11 jenis pelanggaran lalu lintas.

Kasat Lantas Polres Pringsewu mengatakan, ada 11 pelanggaran lalu lintas yang akan ditindak selama operasi, berkendara menggunakan ponsel, pengemudi atau pengendara di bawah umur.

Kemudian, berkendara sambil membawa lebih dari satu orang pada sepeda motor, pengendara yang tidak menggunakan helm, pengemudi yang tidak menggunakan sabuk pengaman.

Selanjutnya berkendara dalam pengaruh alkohol, melawan arus lalu lintas, berkendara melebihi batas kecepatan.

“Selain itu, ada juga penggunaan knalpot yang tidak sesuai standar, kendaraan yang melebihi muatan, penggunaan strobo yang tidak sesuai peruntukan, dan penggunaan plat khusus palsu,“ ujar Khoirul Bahri usai mengikuti lathan pra operasi keselamatan di Mapolres Pringsewu, Jumat (1/3/2024) siang.

Menurut dia, dalam pelaksanaan operasi, kepolisian mengedepankan tindakan preemtif, preventif dan persuasif serta humanis. Sehingga masyarakat mendapat pelayanan yang maksimal dalam pelaksanaan Operasi Keselamatan 2024.

“Ini sekaligus memberikan edukasi tentang kepatuhan dan disiplin kepada masyarakat dalam berlalu-lintas serta menurunkan angka pelanggaran maupun kecelakaan lalu-lintas menjelang Idul Fitri 2024,” ujarnya

Khoirul Bahri menghimbau para pengendara selalu mematuhi peraturan dan rambu-rambu lalu lintas.

“Kami mengajak masyarakat tertib berlalu lintas dan memastikan kelengkapan surat-surat berkendara,” katanya.

Dengan adanya Operasi Keselamatan 2024, diharapkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap aturan lalu lintas meningkat, sehingga menciptakan lingkungan berlalu lintas yang lebih aman dan tertib, terutama menjelang perayaan Idul Fitri. (pon)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini