BPBD Lampung Selatan Bersama NGO Gelar Sosialisasi Mitra Tangguh Bencana

0
321

Lampung Selatan, wartaalam.com – BPBD Lampung Selatan bersama beberapa NGO seperti ADPC dan Paluma Nusantara, menggelar sosialisasi mitra tangguh bencana melalui program “Strengthening Partnerships for Community Resilience in Indonesia and Timor-Leste (SPRINT)”, di Aula Rajabasa, Setdakab setempat, Jumat (12/1/2024).

Program SPRINT ditujukan menangani permasalahan pembangunan di wilayah sasaran dengan memanfaatkan potensi lokal dan meningkatkan peran masyarakat dalam mengurangi risiko bencana.

Program SPRINT juga bertujuan meningkatkan kapasitas lembaga, kepemimpinan, dan teknis organisasi lokal di wilayah sasaran, sehingga masyarakat dapat menjadi aktor utama dalam menciptakan komunitas yang siap menghadapi bencana.

Kepala Pelaksana BPBD Lampung Selatan, Ariswandi menyampaikan, sosialisasi tersebut diikuti berbagai pihak, termasuk OPD terkait, perwakilan camat, mitra bentala, aparatur desa, PKK desa, perguruan tinggi, dan undangan terkait.

“Kolaborasi yang melibatkan beragam stakeholders ini mencerminkan komitmen bersama untuk membangun ketangguhan masyarakat dalam menghadapi risiko bencana di Lampung Selatan,” katanya.

Dia mengatakan, masyarakat, perempuan dan kelompok rentan juga menjadi fokus utama agar bisa berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan prioritas dalam program SPRINT ini.

“Keterlibatan masyarakat dalam upaya pengurangan risiko bencana adalah langkah penting, karena program ini sejalan dengan upaya pemerintah daerah dalam membangun Desa Tangguh Bencana,” tuturnya. (amar/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini