Pendidik Harus Dukung Perkembangan Anak Usia Dini

0
559

Lampung Selatan, wartaalam.com– Bunda PAUD Kabupaten Lampung Selatan, Winarni membuka Manasik Haji bagi anak-anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se-Kecamatan Rajabasa, Senin (8/1/2024). Dan seluruh pendidik harus mendukung perkembangan anak.

Kegiatan manasik haji tersebut diselenggarakan Pusat Kerja Guru (PKG) PAUD Kecamatan Rajabasa di Halaman Masjid Agung Kalianda dan diikuti 17 lembaga PAUD di kecamatan tersebut.

Ketua Pelaksana, Yustina mengatakan, kegiatan sebagai bentuk pelatihan dalam implementasi sila pertama Pancasila, Ketuhanan yang Maha Esa.

“Kegiatan ini, kami selenggarakan guna mengajarkan anak-anak dalam melaksanakan haji,” katanya.

Sementara itu Winarni mengingatkan seluruh pihak terlibat mendukung tumbuh kembang anak dengan memberikan pendampingan pada setiap proses pembelajaran anak. Khususnya pembelajaran di luar ruangan.

“Dalam mendukung tumbuh kembang anak, kita harus memberikan kebebasan dan pengawasan terhadap proses belajarnya. Terlebih, usia dini ini meruapakan fase usia emas. Anak-anak lebih cepat dalam mengingat, meniru, dan juga menangkap informasi yang mereka dapatkan. Untuk itu, kita jangan sampai mengintervensi proses belajar anak. Cukup kita dampingi dan awasi,” katanya.

Guna mendukung perkembangan anak secara optimal dari semua aspek perkembangannya, dia menghimbau pendidik dan wali murid meningkatkan kemampuan dalam menyampaikan pengajaran dan informasi kepada anak dengan baik dan harus selalu diasah serta ditingkatkan.

“Perlu kita ketahui, anak usia dini banyak belajar dari apa yang mereka lihat dan dengar. Untuk itu, sebagai pendidik anak, kita harus bisa memberikan contoh ucapan dan prilaku yang baik-baik. Jangan sampai ada perbuatan serta ucapan yang tidak baik dari kita, yang kita perlihatkan di hadapan anak-anak. Mari kita tingkatkan kemampuan kita untuk mendidik anak-anak kita, agar menjadi generasi unggul yang berkualitas,” katanya. (amar/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini