Sat Binmas Polres Pringsewu Edukasi Partisipasi Warga Sukseskan Pemilu Damai

0
69

PRINGSEWU, WARTAALAM.COM – Satuan Pembinaan Masyarakat (Binmas) Polres Pringsewu melakukan upaya edukasi yang intensif untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam rangka suksesnya Pemilihan Umum (Pemilu) yang damai dan berintegritas. Langkah itu diambil guna memastikan warga memahami pentingnya peran aktif mereka dalam proses demokrasi.

Kegiatan itu dilaksanakan Satuan Tugas Preemtif Operasi Mantap Brata Polres Pringsewu yang terdiri personel Sat Binmas dan para bhabinkamtibmas dengan melibatkan berbagai kelompok masyarakat, mulai pemuda, pelajar, hingga tokoh masyarakat.

Kapolres Pringsewu, AKBP Benny Prasetya melalui Kasat Binmas Iptu Mardiyono mengatakan, edukasi bertujuan menciptakan pemilu yang damai dan berjalan dengan tertib.

“Kami berupaya memastikan setiap warga memahami perannya dalam menentukan arah dan pemimpin negara melalui pemilu. Dengan pemahaman ini, diharapkan warga turut serta aktif dalam menjaga ketertiban dan damai selama proses pemilu,” katanya dalam keterangan tertulis, Senin (30/10/2023) siang.

Selain memberikan pemahaman tentang proses pemilu, Sat Binmas Polres Pringsewu juga memberikan informasi tentang tata cara pemilihan yang benar, serta mengingatkan warga tidak terpengaruh provokasi atau isu yang dapat memicu konflik.

“Partisipasi warga bukan hanya sebatas memberikan suara, tetapi juga dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban selama proses pemilu. Kami berharap, melalui edukasi ini, warga Pringsewu berperan aktif dalam menciptakan pemilu yang aman, damai, dan bermartabat,” kata Iptu Mardiyono

Upaya Sat Binmas Polres Pringsewu dalam edukasi partisipasi warga mendapatkan sambutan positif dari berbagai pihak. Di antaranya Sunarto, warga Pekon Yogyakarta, Kecamatan gadingrejo.

“Kami mendukung dan berharap sosialisasi terus disampikan agar warga melek politik dan tidak mudah terpengaruh adanya berita hoax dan provokatif yang banyak beredar di media,” ujarnya. (pon)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini