BPBD Kabupaten Pringsewu Adakan Pelatihan Pembentukan Desa Tangguh Bencana

0
82

PRINGSEWU, Wartaalam.com – Dinas BPBD Pringsewu mengadakan Pelatihan Pembentukan Desa Tangguh Bencana, di Kantor Pekon Kresno Mulyo, Kecamatan Ambarawa kabupaten setempat, Selasa (17/10/2023).

Pelatihan diadakan 17 -19 Oktober 2023 dan dibuka Asisten Satu Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Ihsan Hendriawan mewakili Pejabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah.

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Pringsewu mengucapkan terima kasih dan mendukung pelatihan dari DPD Provinsi Lampung dan Basarnas bagi warga Pekon kresnomulyo,” katanya.

Kegiatan itu, kata dia, dalam rangka mendidik warga agar memiliki keterampilan.

Rencana terpadu terkendali dan terkoordinasi dalam menghadapi bencana sehingga dampak yang ditimbulkan dapat diminimalisasi serta ketahanan dan kekuatan dalam membangun kembali kehidupan bilamana terkena dampak bencana, katanya.

Pelatihan tanggul bencana, pendorong sinergitas dan integritas seluruh program yang dilaksanakan lembaga atau organisasi non pemerintah termasuk unsur swasta serta mendorong penegakan aturan pemerintah yang berbasis pada masalah pekon dan penanggulangan bencana.

“Semoga memberikan dampak positif bagi upaya bersama mengurangi risiko, baik pada tahap rencana saat terjadi bencana dan pasca rencana dimana masyarakat pemegang peran tersebut terhadap upaya pencegahan dan penanggulangan sehingga berjalan tidak berdampak lebih luas,” ujarnya.

Pemerintah daerah, kata dia, memiliki keterbatasan menyediakan sumber aparatur, sarana dan prasarana serta peralatan operasional dalam rangka pencegahan dan penanggulangan bencana serta musibah kebakaran, terutama mengingat El Nino yang sedang melanda saat ini, diharapkan pekon memiliki kemampuan mengenali ancaman di wilayahnya dan mampu mengorganisasi sumber daya masyarakat guna mengurai potensi dan meningkatkan kapasitas serta kewaspadaan demi mengurangi risiko bencana , sehingga menjadikan masyarakat lebih tenang dan tidak mudah panik apabila terjadi di sekitarnya.

“Saya harap peserta mengikuti penuh tanggung jawab dan bersungguh-sungguh sehingga benar -benar menyerap ilmu dan wawasan yang disampaikan narasumber dalam bentuk diskusi dan simulasi,” katanya.

Hadir Nang Abidin, kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)
Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Pahrurrozi,
Analis Kebencanaan Ahli Muda Agus Purnomo, Kabid PKS BPBD Provinsi Lampung Joni Toyib, Kasi Ops Basarnas Provinsi Lampung Didit Permana, sekcam Ambarawa, komandan Pos Ranmil Ambarawa, kapolsub Sektor Ambarawa, kepala Pekon Kresno Mulyo, sekretaris Pekon Kresno Mulyo dan lainnya. (pon)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini