Polres Pringsewu Gelar Latihan Simulasi Pengamanan Pemilu

0
104

PRINGSEWU, WARTAALAM.COM – Polres Pringsewu Polda Lampung menggelar latihan simulasi sistem pengaman pemilu di komplek perkantoran Pemda setempat, Sabtu (14/10/2023).

Kegiatan itu bertujuan meningkatkan kesiapsiagaan anggota Polri dan pihak terkait lain dalam mengantisipasi gangguan kamtibmas serta pengamanan selama proses pelaksanaan Pemilu 2024.

Dalam latihan, polisi memperagakan sejumlah upaya kepolisian bersama instansi terkait lain dalam menghadapi berbagai situasi selama tahapan pemilu. Di antaranya pembubaran massa yang anarkis akibat menolak hasil pemilu.

Kapolres Pringsewu AKBP Benny Prasetya melalui Kabag Ops, Kompol Kisron mengatakan, latihan itu dilaksanakan sebagai upaya melatih kesiapsiagaan dan kemampuan anggota dalam menghadapi berbagai situasi selama menjalankan pengamanan tahapan pemilu.

Latihan melibatkan ratusan polisi dan instansi terkait yang terlibat dalam pelaksanaan pemilu di Bumi Jejama Secancanan, seperti KPU, PPS dan Linmas.

Kisron mengatakan, adegan latihan Sispamkota didahului dari masa pendaftaran pasangan calon, masa kampanye, masa tenang, pemungutan suara (TPS), penghitungan suara, rekapitulasi hasil pemungutan suara.

Kabag Ops berharap seluruh rangkaian pemilu berjalan aman dan lancar.

Dia memastikan untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang bakal terjadi.

“Dengan banyak berlatih tentunya anggota sudah siap, jika sewaktu-waktu terjadi perubahan situasi keamanan,” ujar Kabag Ops saat ditemui awak media usai memimpin latihan di depan kantor KPU, Sabtu siang.

Untuk memastikan keamanan selama pelaksanaan pemilu, dia mengatakan, pihaknya secara all out mengawal setiap tahapan pemilu.

Selain intern kepolisian, pengamanan itu nantinya melibatkan instansi terkait.

Kompol Kisron menghimbau, masyarakat bersama-sama menjaga kondusivitas selama Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg).

“Walaupun beda pilihan harus tetap bisa menjaga keamanan dan kenyamanan bersama,” katanya. (pon)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini