Lanjutkan Sosialisasi, Bhabinkamtibmas Penyuluhan Cegah Bullying

0
200

TANGGAMUS, WARTAALAM.COM – Dalam upaya mencegah perudungan (bullying) di wilayah hukumnya, Polres Tanggamus telah mengambil langkah proaktif dengan menerjunkan bhabinkamtibmas melakukan sosialisasi di berbagai sekolah, Selasa (10/10/2023).

Hal itu dilakukan kepolisian sebagai komitmen melindungi dan mendukung keamanan anak-anak sekolah dari segala bentuk intimidasi dan pelecehan.

Penyuluhan dilakukan secara serentak dengan jadwal yang ditentukan agar kegiatan tersebut tidak mengganggu aktifitas belajar mengajar.

Kasi Humas Polres Tanggamus, Iptu M. Yusuf, mengatakan, bhabinkamtibmas dari berbagai pekon di wilayah kecamatan di kabupaten tersebut terjun langsung ke sekolah-sekolah untuk memberikan penyuluhan mengenai mencegah dan melawan bullying.

“Untuk sosialisasi yang digelar melibatkan berbagai kalangan, termasuk siswa, guru, dan staf sekolah. Sebab mereka yang selalu berada di lingkup sekolah,” kata Yusuf mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Siswara Hadi Chandra.

Menurut dia bhabinkamtibmas memberikan informasi yang diperlukan tentang dampak negatif bullying serta cara melapor jika menjadi korban atau menyaksikan bullying di lingkungan sekolah.

“Kami peduli dengan keselamatan dan kesejahteraan anak-anak,” ujarnya.

Dia mengatakan, walau di wilayah hukum Polres Tanggamus belum ada laporan bullying namun upaya pencegahan terus dilakukan sebab masalah tersebut serius dan perlu segera diatasi.

“Dengan melibatkan bhabinkamtibmas di sekolah-sekolah, kami berharap dapat menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman,” katanya.

Upaya Polres Tanggamus mendapatkan dukungan pihak sekolah dan komunitas setempat. Mereka memandang langkah positif dalam membantu mencegah bullying yang semakin meresahkan.

Kepala SMPN 1 Kelumbayan Barat, Anwar yang menyebut sosialisasi diharapkan akan meningkatkan kesadaran dan pemahaman siswa, guru, serta orang tua tentang bekerja sama dalam menciptakan lingkungan sekolah yang bebas bullying.

Dia berharap semua pihak berperan aktif mencegah dan mengatasi masalah itu sehingga setiap siswa aman dan nyaman saat bersekolah.

“Dengan upaya ini, Polres Tanggamus berharap menciptakan perubahan positif dalam upaya pencegahan bullying dan memberikan perlindungan yang lebih baik bagi anak-anak di sekolah-sekolah,” katanya. (pon)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini