Wisata Jingglong Geliatkan Ekonomi Warga Pagelaran Utara

0
162

PINGSEWU, WARTAALAM.COM – Berpasir putih bak pantai laut, dengan airnya yang jernih mengalir, ditambah panorama alam yang indah. Itulah Jingglong, tempat wisata alam yang ramai dikunjungi warga, terutama setiap akhir pekan, Sabtu dan Minggu. Bukan hanya warga setempat, tetapi juga dari luar wilayah.

Wisata Jingglong terletak di Dusun Jingglong, Pekon Fajarmulia, Kecamatan Pagelaran Utara, Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung. Berjarak ± 20 km dari ibukota Kabupaten Pringsewu, dapat ditempuh melalui dua rute, Pasar Banyumas, Kecamatan Banyumas menuju arah Pekon Fajarmulia, Kecamatan Pagelaran Utara dan melalui Pasar Pekon Margosari, Kecamatan Pagelaran Utara.

Namun bagi yang membawa kendaraan roda empat disarankan melalui Pekon Giritunggal-Fajarmulia.

Wisata Jingglong sebenarnya, aliran sungai Way Waya yang mengaliri wilayah tersebut. Para pengunjung memanfaatkan aliran sungai yang jernih dan berpasir putih untuk mandi dan bermain terutama anak-anak karena sungainya yang dangkal dan landai.

Di tempat itu warga setempat memanfaatkan ramainya pengunjung dengan menyewakan ban, dan sebagian membuka kedai-kedai makanan dan minuman, yang jumlahnya cukup banyak di sepanjang pinggiran sungai.

Camat Pagelaran Utara Zainal Abidin mengatakan, Wisata Jingglong sebenarnya sudah ada sejak lama, namun baru viral belakangan.

“Dengan suasana yang masih asri dan sejuk dengan pemandangan masih alami, dengan dikelilingi pegunungan, tempat itu ramai dikunjungi bukan hanya warga Pringsewu, tetapi juga dari luar daerah, seperti Lampung Tengah, Pesawaran dan Tanggamus,” katanya.

Keberadaan Wisata Jingglong ternyata berdampak positif bagi warga khususnya UMKM, banyak yang menjajakan produk atau dagangannya, seperti kerajinan, produk makanan maupun minuman. Sehingga mampu mendongkrak pendapatan warga sekitar.

“Kami dari Pemerintah Kecamatan Pagelaran Utara berharap ke depan obyek wisata Jingglong dikelola pemerintah daerah atau dibentuk Pokdarwis dengan pembinaan dari Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Pringsewu,” katanya. (pon)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini