Satgas Karhutla Polres Lampung Timur, Terus Selidiki Kebakaran Hutan di Taman Nasional Way Kambas

0
125

LAMPUNG TIMUR, Wartaalam.com – Polres Lampung Timur Polda Lampung bersama Tim Terpadu, tengah melakukan penyelidikan, terkait kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), di kawasan Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Lampung Timur.

Kapolres Lampung Timur AKBP M. Rizal Muchtar, Jumat (6/10/2023) mengatakan, Tim Terpadu Satgas Karhutla tersebut, terdiri personel kepolisian dibantu petugas dari Taman Nasional Way Kambas.

Satgas Karhutla sedang melakukan pemetaan lokasi-lokasi hotspot, luas area wilayah, termasuk dugaan jika ada unsur kesengajaan yang mengakibatkan kebakaran, di kawasan hutan lindung Taman Nasional Way Kambas.

“Satgas Karhutla saat ini sedang bekerja, menyelidiki serta mengungkap faktor utama yang memicu terjadinya kebakaran, di dalam kawasan hutan TNWK, apakah ada unsur kesengajaan ataupun tidak,” katanya.

Pihaknya menghimbau melalui bhabinkamtibmas, warga khususnya yang berada di kawasan penyangga TNWK, berperan serta menjaga kelestarian kawasan Hutan Lindung Taman Nasional tersebut.

“Melalui bhabinkamtibmas kami juga telah melakukan sosialisasi dan himbauan tidak sembarangan membuang puntung rokok, atau membakar sampah, karena dalam musim kemarau saat ini, hal-hal tersebut sangat berpotensi mengakibatkan terjadinya kebakaran,” ucapnya.

Alumni Akademi Kepolisian tahun 2002 tersebut mengatakan, telah melakukan pemadaman bersama instansi terkait dan warga.

“Upaya pemadaman telah kami lakukan bekerjasama dengan Polhut, TNI 0429/Lampung Timur serta warga sekitar,” ujar Rizal.

Dia mengatakan, api penyebab kebakaran di TNWK telah padam.
(pon)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini