Sekda Pringsewu Buka MT2QM Kabupaten 2023

0
310

PRINGSEWU, Wartaalam.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Pringsewu, Heri Iswahyudi membuka Musabaqah dan Tahfidz Al Qur’an Madrasah (MT2QM) tingkat kabupaten, dengan prosesi pemukulan gong, di GSG Kantor Kementerian Agama, Komplek Perkantoran Pemkab setempat, Rabu (20/9/2023).

MT2QM pertama yang berlangsung dua hari (20-21 September 2023) diikuti 222 peserta terdiri siswa dan siswi yang secara sah terdaftar pada madrasah di lingkungan Kantor Kementerian Agama. Terdiri dari jenjang RA berjumlah 12 peserta, jenjang MI (112 peserta), jenjang MTS 70 peserta serta jenjang MA sekira 28 peserta.

Heri Iswahyudi mengatakan, Pemkab Pringsewu mengapresiasi diselenggarakannya MT2QM oleh Kementerian Agama tersebut. Melalui MT2QM diharapkan semakin meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi kandungan Quran, serta meningkatkan ukhuwah di antara peserta yakni siswa-siswi madrasah di kabupaten tersebut

Musabaqah Tilawatil Quran sebenarnya juga merupakan urusan Kementerian Agama pemerintah daerah memfasilitasi, yang selama ini sudah berjalan dengan baik.

Heri berharap pembinaan terhadap peserta yang terpilih sebagai juara nanti, kiranya dapat lebih dimaksimalkan sehingga pada MT2QM tingkat Provinsi Lampung mendatang, Pringsewu mendapat prestasi terbaik sebagaimana yang diharapkan.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pringsewu Junaidi Sirad mengatakan, MT2QM adalah sistem kompetisi di bidang tilawah dan tahfidz Quran pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung yang dilaksanakan secara berjenjang pada tingkat madrasah.

“Selain untuk memetakan potensi dan kompetensi siswa di bidang tilawah dan tahfidz Quran, meningkatkan budaya literasi Al-Quran dan akhlakul kharimah serta meningkatkan kualitas pembinaan tahfidz dan tilawah di madrasah, tujuan MT2QM adalah untuk menjaring calon kafilah Kabupaten Pringsewu yang akan mengikuti MT2QM ke-3 Provinsi Lampung 2023,” katanya. (pon)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini