Bupati Lampung Selatan Lantik Kades Kecapi

0
743

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM – Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto melantik kepala desa terpilih Pengganti Antarwaktu (PAW) Desa Kecapi, Kecamatan Kalianda, di Balai Desa setempat, Rabu (9/8/2023) siang.

Kepala desa tersebut Syarifuddin Lana menggantikan Ridwan yang meninggal Januari 2023.

Hadir dalam acara itu, anggota DPRD dari dapil 1, para pejabat pimpinan tinggi pratama di lingkungan pemkab, camat dan Forkopimcam Kalianda, BPD Desa Kecapi serta sejumlah tokoh adat setempat.

Nanang Ermanto mengatakan, pelantikan kepala desa pengganti antarwaktu (PAW) tersebut dilaksanakan karena kepala desa sebelumnya meninggal dunia.

Menurut dia, berdasarkan aturan Undang Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, maka ditunjuk Penjabat (Pj) Kepala Desa yang bertugas mempersiapkan pelaksanaan Pilkades PAW untuk melanjutkan sisa masa jabatan kepala desa yang berhenti.

“Selamat kepada pak Syarifuddin Lana. Kepada Pj Kepala Desa Kecapi Muhammad Rifki, saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas dedikasi, jasa, kerja keras dan pengabdiannya. Sehingga roda pemerintahan di desa dapat terus berjalan dengan baik dan sukses hingga jalannya proses PAW,” katanya.

Nanang mengingatkan kepala desa yang baru bisa menjaga amanah yang diberikan serta dapat menciptakan kerukunan di dalam masyarakat.

“Jangan sampai ada perbedaan menjadi perpecahan, justru perbedaan tersebut harus menjadi satu kekuatan untuk memajukan desa yang saudara pimpin,” ujarnya.

Dia mengharapkan budaya musyawarah untuk mufakat dalam setiap pengambilan keputusan penting terkait permasalahan yang ada di Desa Kecapi.

“Rangkul segenap komponen masyarakat untuk bersama-sama bergotong-royong membangun desa. Selalu libatkan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam setiap kegiatan terkait administrasi di desa,” katanya.

Kepala desa juga harus dapat memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat, serta mampu menjaga keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat.

“Kedepankan kepentingan masyarakat daripada kepentingan pribadi atau satu kelompok tertentu. Bersikaplah adil agar selalu tercipta suasana yang kondusif di desa,” katanya.

Sebagai penyelenggara pemerintahan di tingkat bawah, peran kepala desa tidak bisa dianggap remeh. Sebab keberhasilan suatu daerah tidak terlepas dari peran kepala desa yang berhasil membangun desa, katanya.

“Keberhasilan pembangunan di desa, karena kepala desa mempunyai kemampuan manajemen yang baik dalam mengelola dana bantuan pemerintah. Baik itu Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD) dan program bantuan lainnya dengan baik dan cermat,” katanya. (amar/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini