Pemkab Lampung Selatan Sosialisasi Layanan Pensiun bagi 222 PNS yang Memasuki Batas Usia Pensiun

0
986

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM – Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan melalui Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) menggelar Sosialisasi Layanan Pensiun Terpadu Tahap I tahun 2023 bagi 222 Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang memasuki Batas Usia Pensiun (BUP).

Sosialisasi yang digelar di Aula Sebesi Gedung PKK dibuka Sekretaris Daerah setempat Thamrin, Selasa (8/8/2023).

Hadir dalam acara itu, Kepala BKD Tirta Saputra serta sejumlah pejabat pimpinan tinggi pratama di lingkungan pemerintah kabupaten tersebut.

Hadir juga, kepala PT Taspen (Persero) Cabang Bandar Lampung, serta pimpinan Perbankan di wilayah Lampung Selatan yakni Bank Lampung, BRI, Bank Eka, Bukopin, dan BSI.

Tirta Saputra mengatakan, maksud sosialisasi itu memberikan layanan pensiun bagi PNS yang akan memasuki masa Batas Usia Pensiun (BUP) dengan tepat waktu, tepat orang, tepat jumlah, tepat tempat, dan tepat administrasi.

Selain itu kata Tirta Saputra, sosialisasi itu juga bertujuan memberikan informasi terkait program kewirausahaan dalam rangka menghadapi masa purna bhakti.

“Dengan target enam bulan sebelum TMT masa Batas Usia Pensiun, SK pensiunnya sudah terbit dan diterima oleh PNS yang bersangkutan,” katanya.

Menurut dia, peserta sosialisasi, PNS yang akan memasuki masa BUP Terhitung Mulai Tanggal (TMT) 1 Januari 2024 sampai 1 Juni 2024 dengan jumlah tahap I sekira 222 orang.

Dia mengatakan,, dari 222 peserta tersebut, terdiri dari 6 pejabat struktural eselon III, 9 pejabat struktural eselon IV, 170 fungsional, dan 37 pelaksana.

“Sedangkan berdasarkan golongan dengan rincian, golongan IV sekira154 orang, golongan III sekira 48 orang, dan golongan II sekira 20 orang,” ujarnya.

Sementara itu, Thamrin mengapresiasi dan berharap kegiatan itu memberikan manfaat bagi 222 PNS yang akan memasuki masa purna bhakti dalam mempersiapkan segala sesuatu mengenai hak dan kewajibannya.

Thamrin berharap, sosialisasi tersebut menambah wawasan, pengetahuan, dan kemampuan para PNS yang akan memasuki masa purna tugas untuk mengisi hari tuanya, sehingga tetap produktif dan masih memiliki semangat kerja yang tinggi.

“Mudah-mudahan kegiatan ini memberikan inspirasi, menciptakan peluang kewirausahaan untuk mengisi waktu luang, sekaligus mendapatkan penghasilan tambahan bagi bapak ibu yang nanti akan memasuki masa purna bhakti,” katanya.

Dia berharap peserta mengikuti sosialisasi dengan baik dan aktif. Sehingga memberikan inspirasi dan gambaran untuk merencanakan masa pensiun untuk mempersiapkan PNS memasuki masa purna tugas.

“Jadikanlah sosialisasi layanan pensiun hari ini sebagai sarana untuk memotivasi dan memberikan pencerahan serta kesiapan kita dalam memasuki masa purna bhakti. Jadikan ilmu yang didapat sebagai bekal serta meningkatkan wawasan saat pensiun,” ujarnya. (amar/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini