Bupati Lamsel Berangkatkan Parade Budaya Kontingen Jumbara PMR

0
442

Lampung Selatan, Wartaalam.com – Bupati Lampung Selatan (Lamsel) Nanang Ermanto memberangkatkan Parade Budaya Kontingen Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) IX Palang Merah Remaja (PMR) tingkat nasional, Senin (3/6/2023).

Parade menampilkan beragam budaya khas dari 34 provinsi dan 12 negara sahabat gerak awal dari Lapangan Cipta Karya melewati Jalan Radin Inten menuju Jalan Kesuma Bangsa dan finish di Lapangan Korpri, Kalianda.

Ribuan peserta Jumbara mengenakan atribut dan kostum tradisional serta menampilkan tarian, musik, dan seni pertunjukan khas daerah masing-masing.

“Dengan mengucap Bismillahirohmanirohim, saya memberangkatkan Parade Budaya Jumbara PMR,” ujar Nanang didampingi Forkopimda dan sekda setempat.

Menurut dia, parade budaya atau kirab tersebut bertujuan mempererat tali silaturahmi dan persahabatan seluruh peserta. Sekaligus memperkenalkan seluruh tim ofisial, kontingen dan budaya masing-masing daerah.

“Parade budaya Jumbara menjadi momentum bersejarah bagi peserta. Adik-adik saat ini menjadi utusan masing-masing daerah dari seluruh Indonesia. Dan menjadi kebanggaan Lampung Selatan,” katanya.

Dia berharap, kegiatan itu dijadikan ajang bertukar dan berbagi pengalaman antarkontingen serta berbagi pengetahuan kegiatan PMR di daerah masing-masing.

“Harapannya kegiatan ini bisa menjadi ajang bertukar informasi tentang adat ibudaya serta ajang memperkenalkan potensi-potensi daerahnya. Baik itu sektor wisata, UMKM, maupun kemajuan lainnya, dalam suasana gembira,” ujar dia.

Selama kirab berlangsung, ribuan warga antusias memadati jalan-jalan protokol Kalianda yang dilewati kontingen Jumbara untuk menyaksikan keindahan budaya yang ditampilkan tiap daerah. (amar/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini