Musrenbang Kecamatan Penengahan, Warga Diharapkan Wujudkan Kemandirian Daerah

0
219

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM – Bupati Lampung Selatan (Lamsel) Nanang Ermanto mengajak warga Kecamatan Penengahan mewujudkan kemandirian daerah melalui potensi yang ada.

Menurut dia pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan di Lapangan Dusun Buring, Desa Suka Baru, Kecamatan Penengahan, Kamis (2/2/2023),
Selama tahun 2022 beberapa hal yang menjadi fokus pekerjaan di antaranya, pembangunan insfrastruktur jalan, percepatan penurunan stunting, perbaikan ekonomi pascapandemi Covid-19 dan lainnya. .

Pemanfaatan pekarangan rumah merupakan strategi yang bisa diterapkan setiap keluarga. Untuk mendukung ketahanan pangan nasional dengan memberdayakan potensi pangan lokal yang dimiliki masing-masing daerah, katanya.

Pemerintah, kata dia, telah melakukan pengembangan berbagai bidang untuk mendongkrak kembali perekonomian daerah. Seperti sektor pariwisata, dengan menggali potensi wisata, dengan menggelar event-event di lokasi objek wisata.

Selain itu, melalui pemberdayaan dan pengembangan UMKM yang ada di setiap kecamatan yang dikemas Kecamatan Fair, termasuk event besar berskala nasional atau internasional.

“Seluruh kegiatan tersebut termasuk menjadi solusi peningkatan ekonomi kita di tengah inflasi saat ini. Saya optimistis, dengan jalinan sinergitas semua pihak dapat meningkatkan perekonomian,” katanya.

Camat Penengahan Jaelani mengatakan, program yang terserap di kecamatan itu pada 2022 sekira Rp 35.457.674.414.

Serapan pada bidang infrastruktur seperti peningkatan jalan di sejumlah dusun, perbaikan jembatan dan pembangunan irigasi, tuturnya.

Menurut dia, usulan program RKPD, pada bidang infrastruktur terdiri dari peningkatan jalan hotmix dan rabat beton di lingkungan dusun, kemudian rehab bangunan GSG Radin Inten, Kecamatan Penengahan.

Selanjutnya pembangunan talud atau drainase sekira 22 lokasi, dan pembuatan embung.

Selain itu usulan program juga menyasar bidang perternakan, perikanan, pertanian dan bidang kesehatan.

Pada bidang infrastruktur peningkatan jalan menuju wisata Air Terjun Way Kalam, peningkatan jalan lingkungan di sejumlah desa, rehabilitasi jembatan dan pembangunan drainase dan rehab irigasi, ujarnya. (amar/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini