Musrenbang RKPD Kecamatan Ketapang, Lamsel : Visi Misi Desa hingga Pusat Harus Selaras

0
301

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2024 kembali digelar, Selasa (31/1/2023).

Memasuki hari kedua, pelaksanaan Musrenbang RKPD Kecamatan tahun 2023 digelar di Kecamatan Ketapang. Musrenbang yang dibuka Bupati setempat Nanang Ermanto, di Desa Lebungnala.

Nanang Ermanto mengajak pimpinan dan aparatur mulai dari organisasi perangkat daerah hingga tingkat desa dan RT, serta seluruh stakeholder berfikir terbuka, memiliki visi ke depan, terintegratif dan inovatif.

Maka visi misi kepala desa dan bupati harus selaras dan sejalan. Begitupun visi misi pemerintah daerah harus selaras dengan pemerintah pusat, ujarnya.

Menurut dia, Musrenbang RKPD kecamatan merupakan agenda rutin tahunan sebagai upaya penyerapan aspirasi masyarakat sebagai masukan bagi perangkat daerah dalam menyusun rencana program dan kegiatan tahun berikut.

Guna mencapai pembangunan daerah yang terintegrasi, diperlukan kerja sama, kerja keras dan keterlibatan dari seluruh komponen yang ada. Pemerintah daerah, kecamatan, desa, serta pemangku kepentingan lain, katanya.

Sementara itu, Camat Ketapang Rendy Eko Supriyanto mengatakan, sebagai daerah paling timur di Lampung Selatan, Kecamatan Ketapang memiliki 17 desa dengan garis pantai yang panjang, serta memiliki banyak potensi terutama wisata pantai beserta perikanan kelautan.

Kecamatan Ketapang memiliki potensi-potensi wisata. Beberapa program dari tahun 2014 sudah dirancang dalam tata ruang dan wilayah. Minapolutan, industri, perikanan kelautan dan juga potensi pariwisata, tutur dia.

Menurut dia, program perioritas Kecamatan Ketapang yang telah terealisasi pada 2022, pembangunan infrastruktur berupa pembangunan ruas jalan di beberapa desa.

Selain itu, program prioritas yang telah terealisasi lain, fokus pada pengurusan BPJS warga kurang mampu, program pengobatan gratis, pengembangan dalam bidang perikanan kelauatan dan lain, ujarnya.

Berbagai program yang telah terealisasi, kata dia, diharapkan mampu meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) serta mengoptimalkan potensi unggulan daerah yang didukung oleh infrastruktur dan inovasi dari seluruh stakeholder terkait.

“Terkait dengan inovasi di Kecamatan Ketapang, kami mengangkat wacana Program Petis atau Pelayanan Administrasi Sistematis. Pelayanan adminstrasi yang memberikan pelayanan masyarakat yang cepat, tepat dan terintegrasi,” karanya. (amar/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini