Dinas Dalduk KB Lamsel Layani Pemasangan Implan Gratis Setiap Musrenbang Kecamatan

0
331

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dalduk KB) Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) melayani pemasangan alat kontrasepsi implan gratis di setiap Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan tahun 2023.

Seperti yang terlihat saat Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) di Kecamatan Sragi, Rabu (1/2/2023).

Dinas Dalduk KB membuka pelayanan alat kontrasepsi berupa pil, kondom, suntik, IUD atau KB Spiral, dan implan secara gratis untuk masyarakat.

Pejabat Fungsional Penata Kependudukan dan Keluarga Berencana di Dinas Dalduk KB Lampung Selatan, Samsul Arifin mengatakan, pihaknya membuka pelayanan kontrasepsi. Namun kata dia, dari semua jenis yang tersedia, KB implan paling diminati masyarakat.

“Dari awal Musrenbang di Kecamatan Kalianda hingga Kecamatan Sragi, warga antusias.Tetapi ketersediaan, khusus KB implan kami hanya 15 implan per kecamatan. Karena implan yang diminati,” ujarnya.

Menurut dia, layanan kontrasepsi gratis tersedia di setiap Musrenbang RKPD tingkat kecamatan sebagai bentuk nyata pelayanan kepada warga.

“Meskipun jenis implan terbatas, akan tetapi pelayanan kontrasepsi jenis suntik, pil, kondom dan IUD, kami buka karena tidak dibatasi,” ujarnya.

Dia mengatakan, syarat melakukan pelayanan KB, hanya membawa foto copy KTP dan foto copy kartu keluarga (KK).

“Bawa KTP dan KK saja. Karena untuk hasil dari aksesor yang dilayani hari ini akan diinput dalam aplikasi New Siga (Sistem Informasi Keluarga). Nanti di aplikasi itu akan kelihatan mereka telah dilayani kontrasepsi jenis apa,” katanya. (amar/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini