Bupati Lampung Selatan Resmikan 72 Unit Rumah Program BSPS di Natar dan Jatiagung

0
474

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM – Bupati Lampung Selatan, Nanang Ernanto meresmikan sekira 72 Unit Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), di Kecamatan Natar dan Jatiagung, Senin (2/1/2023).

Usai menyerahkan dan meresmikan bantuan stimulan perumahan swadaya di Desa Jatimulyo, Kecamatan Jatiagung Nanang beserta rombongan menuju Kecamatan Natar.

Total jumlah Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tahun anggaran 2022 yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) APBD dan APBN yang tersebar di lima kecamatan yaitu Kecamatan Bakauheni, Kalianda,Katibung, Jatiagung dan Natar sekira 219 unit yang sudah selesai dibangun dan diserahterimakan kepada warga penerima bantuan dan 1 orang mengundurkan diri dari daftar penerima bantuan dari total 220 unit.

Adapun jumlah bantuan untuk di Kecamatan Jatiagung tepatnya di RT 23, Dusun 2 C, Desa Jatimulyo 36 unit dan 36 unit di Dusun Sarirejo, Desa Natar, Kacamatan Natar dengan total jumlah di dua kecamatan tersebut 72 Unit.

Nanang Ermanto mengatakan, terkait program bantuan tersebur, di kabupaten itu masih banyak rumah tidak layak huni.

Tentunya dalam hal ini menjadi perhatian khusus bersama pemerintah kabupaten untuk di tahun 2023 ke depan dari total 9.000 rumah yang tidak layak huni tersebut bisa menjadi rumah layak huni.

“Untuk itu, dengan kebersamaan dan semangat gotong royong bersama serta doa dan dukungan masyarakat, mudah-mudah dari total sembilan ribu lebih rumah yang tidak layak huni itu bisa kamj selesaikan di tahun-tahun berikutnya,” ujar dia.

“Alhamdulillah di Kecamatan Jatiagung khususnya Desa Jatimulyo terdapat 36 Unit rumah Bantuan Stimulan Perumahan swadaya (BSPS) yang sudah dibangun dan pada hari ini kami serahterimakan kepada warga penerima,” katanya.

Ia berharap, penerima bantuan hidup lebih nyaman di rumah yang ditempati. Serta mewujudkan hidup sehat dengan hunian yang lebih layak.

“Saya mohon dijaga dan dirawat dengan baik rumahnya agar kenyamanan rumah yang selesai dibangun bener-bener dirasakan manfaatnya,” kata dia.

Sementara Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman setempat, Dulkahar mengatakan, rumah Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) merupakan program pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui bantuan stimulan yang dilaksanakan penerima untuk membangun rumah layak huni dan sehat.

Program pemerintah tersebut, dilaksanakan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) baik yang bersumber dari APBN maupun APBD di Dinas Perumahan dan Pemukiman Kabupaten Lampung Selatan tahun anggaran 2022.

“Kami pemerintah akan terus berupaya program bantuan tersebut bisa terus dilaksanakan untuk menjangkau seluruh warga yang memiliki hunian tidak layak huni namun belum mendapatkan BSPS,” katanya.

Eka Prihartini (46), warga penerima bantuan di Desa Jatimulyo menyampaikan ucapan terimakasih kepada pemerintah yang telah memberikan bantuan bedah rumah.

“Alhamdulillah kami bersyukur sudah mendapat bantuan bedah rumah dari pemerintah, rumah kami sudah dibangun tanpa bantuan, kami belum bisa membangun rumah karena terkendala biaya,” katanya.

Dia berharap program bedah rumah yang diberikan terus berlanjut.

Hal senada juga disampaikan M. Sarkowi, penerima bantuan di Dusun Sarirejo, Desa Natar.

“Kalau hujan, atap rumah kami bocor jadi harus mindahin barang-barang agar tidak kebocoran,” katanya.

Dalam acara tersebut turut hadir Sekertaris Daerah Tahmrin, ketua TP-PKK, Ketua DWP Yani Thamrin, para kepala perangkat daerah, Camat beserta Forkopimcam Kecamatan Natar-Jatiagung dan Anggota DPRD Rosdiana dan Farida. (tim)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini