Bupati Lamsel Resmikan 72 Unit Rumah Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya

0
198

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM – Bupati Lampung Selatan (Lamsel) Nanang Ermanto meresmikan 72 unit rumah program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) yang ditandai dengan pemotongan pita dan tumpeng, di Dusun Tanjung Iman, RT. 01 RW. 09 Desa Sidomekar, Kecamatan Katibung, Rabu (28/12/2022).

Program tersebut merupakan Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Sharing APBD Tahun Anggaran 2022 yang disalurkan pemerintah kabupaten setempat melalui Dinas Perumahan dan Permukiman.

Kepala Dinas Perkim setempat Dulkahar mengatakan, bantuan BSPS tersebut merupakan bentuk nyata perhatian pemerintah dalam penyediaan rumah layak huni. Sehingga, dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat llebih sehat dan aman.

Dia mengatakan, bantuan tersebut diberikan kepada 72 rumah tak layak huni yang terdapat di Kecamatan Katibung. Dengan rincian, 36 rumah di Desa Sidomekar dan 36 rumah di Desa Karya Tunggal.

Menurut dia, jumlah rumah tak layak huni di kabupaten itu masih banyak dan memerlukan perhatian khusus dari seluruh jajaran pemerintahan.

Dia mengajak seluruh jajaran pemerintahan desa bergotong-royong dalam mengatasi permasalahan rumah tak layak huni. Seperti yang dilakukan pemkab selama beberapa waktu terakhir.

“Ada beberapa kecamatan lagi, Kalianda, Bakauheni, Natar dan Jatiagung. Masih banyak rumah yang tidak layak huni, sekira 10 ribu rumah dan apabila hanya mengandalkan anggaran pemerintah memang tidak cukup,” katanya.

Sementara, Bupati setempat Nanang Ermanto berharap, bantuan BSPS terus dilanjutkan tahun-tahun mendatang.

Menurutnya, program tersebut sangat strategis dalam membantu masyarakat mendapatkan rumah layak huni.

Dia juga mengajak para penerima bantuan Program BSPS, mendorong dan meningkatkan keswadayaan masyarakat dalam peningkatan kualitas rumah menjadi layak huni. Sehingga dapat meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat.

Dengan adanya program BSPS, masyarakat terbantu serta menstimulasi agar masyarakat sadar rumah yang layak huni merupakan kebutuhan pokok, katanya.

Pada kesempatan tersebut, perwakilan pemerima bantuan program BSPS Zainal menyampaikan syukur dan ucapan terimakasih atas bantuan rumah melalui program BSPS Dinas Perkim.

“Saya mewakili masyarakat mengucapkan terimakasih, rumah sudah kami terima, kami rasakan dan tempati. Tanpa adanya bantuan, kami belum mampu membuat rumah. Alhamdulullah dengan adanya bantuan ini rumah yang kami idamkan sekarang sudah terwujud,” katanya. (amar/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini