Bupati Lamsel Resmikan Puskesmas Rawat Inap PONED Tanjung bintang

0
249

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM – Bupati Lampung Selatan (Lamsel) Nanang Ermanto meresmikan Puskesmas Rawat Inap Tanjungbintang sebagai Puskesmas Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar (PONED).

PONED merupakan layanan kesehatan yang disediakan Puskesmas Rawat Inap terkait kasus emergensi obstetri dan neonatus tingkat dasar selama 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu.

Hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Thamrin, anggota DPRD Asmara, jajaran kepala perangkat daerah, Ketua Tim Penggerak PKK Winarni dan Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Yani Thamrin.

Kegiatan yang diawali senam bersama, juga diisi dengan makan buah dan sayur bersama (Germas), refresing kader, donor darah, atraksi PMR, pelayanan pengobatan gratis, deteksi dini PTM, dan pemberian penghargaan kepada Posyandu teladan se-Kecamatan Tanjungbintang, Selasa (27/12/2022).

Plt Kepala Dinas Kesehatan setempat, Hari Surya Wijaya melaporkan, UPT Puskesmas Tanjungbintang merupakan Puskesmas dengan kemampuan rawat inap yang memiliki 10 tempat tidur, pelayanannya upaya persalinan.

Menurut dia, saat ini Lampung Selatan memiliki 20 Puskesmas dengan layanan USG termasuk UPT Puskesmas Tanjungbintang.

Dia mengatajan, sebagai Puskesmas Rawat Inap dengan palayanan persalinan, tentu sangat penting pula didukung pelayanan PONED. Sehingga tercapainya tujuan penurunan kematian ibu dan bayi khususnya di Kecamatan Tanjungbintang.

Puskesmas Rawat Inap itu mampu menyelenggarakan pelayanan obstetri dan neonatal emergensi/komplikasi tingkat dasar dalam 24 jam sehari dalam 7 hari seminggu untuk memberikan pelayanan kesehatan terhadap ibu hamil, bersalin dan nifas serta bayi baru lahir, katanya.

Sementara Nanang Ermanto mengatakan, masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas kesehatan secara optimal.

Ia mengatakan, Puskesmas PONED dapat membantu menangani kesehatan ibu hamil sekaligus diharapkan akan mampu menurunkan angka kematian ibu dan bayi.

“Saya minta puskesmas PONED ini siap 24 Jam memberikan pelayanan , tenaga medisnya harus benar-benar di persiapkan. apalagi layanan BPJS di Lampung Selatan alhamdulilah sudah 97% lebih, sehingga masyarakat bisa berobat gratis dimana pun di seluruh Puskes di Lamsel,” ujarnya. (amar/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini