Air Terjun Way Tumbai, Wisata Tersembunyi Desa Kunjir

0
400

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM – Destinasi wisata  di Lampung Selatan tidak hanya terkenal dengan pesona pantai, budaya dan tradisi unik, juga memiliki banyak pesona wisata alam.

Wisata Air Terjun Way Tumbai yang terletak di Desa Kunjir, Kecamatan Rajabasa, tepatnya di bawah kaki Gunung Rajabasa, misalnya.

Air terjun itu memiliki keindahan alami dengan ketinggian sekira 10 meter. Suasana perkebunan dengan isi berbagai macam tanaman seperti, cengkeh, pohon durian, dukuh dan juga bambu menjadi nilai tambah kesejukan dalam perjalanan menuju wisata tersebut.

Air Terjun Way Tumbai masih asri, alamnya juga bagus. Airnya jernih bahkan pada saat turun hujan sekalipun.

Tak hanya itu, di sekitaran air terjun yang berjarak sekira 50 meter, terdapat air panas (geotermal) atau sering disebut Geowisata yang suhu panasnya mencapai 100°c menurut hasil penelitian tahun 2012.

Dalam bahasa Lampung nama Air Terjun Way Tumbai berasal dari kata way (air) dan tumbay yang berarti dahulu, jadi dapat diartikan air terjun way tumbai, air terjun yang ada sejak dahulu.

Pengelolaan air terjun masih dilakukan warga setempat yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan warga yang memiliki kebun di sekitar daerah tersebut.

Untuk mencapai lokasi tergolong mudah dan tidak begitu ekstrim, pengunjung harus menempuh jarak 18,5 kilometer dari pusat Kota Kalianda.

Rute untuk menuju ke air terjun dari jalan raya menuju ke lokasi, berjarak sekira 1.500 meter dengan waktu tempuh 30 menit untuk pejalan kaki.

Tak perlu khawatir, untuk pengguna roda dua bisa melawati rute perjalanan tersebut, namun pengunjung harus ekstra hati-hati.

Wisata Air Terjun Way Tumbai, Desa Kunjir masih tahap pembangunan sejak tahun 2020, mulai dari dibukanya badan jalan (land clearing), pembangunan gorong-gorong dan jembatan 10 unit. Kemudian, pada tahun mendatang akan dibangun jalan rabat beton lebar 3 meter guna mempermudah akses jalan.

Untuk menikmati keindahan air terjun masih gratis alias tanpa dipungut biaya sedikitpun. Namun, fasilitas pendukung di sana juga masih seadanya. (tim)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini