Disdukcapil Lamsel Gelontorkan Jebolan Akper Manis

0
279

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM – Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lampung Selatan menggelontorkan Inovasi Pelayanan Jemput Bola Administrasi Kependudukan Akta Perkawinan Masyarakat Non Islam atau Jebolan Akper Manis.

Bupati Lampung Selatan (Lamsel) Nanang Ermanto melaunching program itu di Balai Desa Tri Darma Yoga, Kecamatan Ketapang, Selasa (22/11/2022).

Inovasi Disdukcapil itu dilatarbelakangi banyaknya penduduk yang belum memiliki akta perkawinan serta masalah teknis seperti jarak tempuh yang terlalu jauh, ketidakpahaman serta waktu.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat Edy Firnandi mengatakan, manfaat memiliki akta perkawinan memberikan keabsahan atas adanya pernikahan.

Selain itu, memudahkan birokrasi, memastikan istri mendapatkan haknya, memastikan anak-anak mendapatkan kesejahteraan serta memudahkan kepengurusan hak asuh anak, katanya.

Bupati setempat Nanang Ermanto menyampaikan apresiasinya kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atas inovasi layanan kependudukan yang telah dihadirkan sehingga mempermudah masyarakat dalam mendapatkan layanan.

“Saya mengapresiasi Inovasi Jebolan Akper Manis, semoga bapak dan ibu terbantu dengan berbagai layanan kependudukan yang ada baik layanan jemput bola atau layanan online yang ada Disdukcapil,” katanya.

Dia mengatakan, dokumentasi kependudukan penting dan tidak dapat dikesampingkan terlebih dengan situasi dunia saat ini sudah melek digital maka masyarakat harus terbiasa dengan sistem yang cepat.

Hadirnya layanan Disdukcapil ke desa-desa yang merupakan suatu sistem percepatan agar masyarakat mudah mengurus segala dokumen kependudukan tanpa harus jauh-jauh dan antri, ujarnya. (hen/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini