Tekan Stunting, Dinkes Lamsel Gelar Gerakan Nasional Aksi Bergizi

0
254

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Lampung Selatan menggelar Gerakan Nasional Aksi Bergizi yang dicanangkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI) secara hybrid.

Kegiatan di Gedung Olahraga (GOR) Way Handak, Kalianda, Selasa (26/10/2022) diawali senam bersama yang dipimpin Ketua Duta Swasembada Gizi setempat Winarni Nanang Ermanto dan diikuti sejumlah siswi SMA/SMK setempat

Kegiatan tersebut merupakan langkah menekan kasus stunting, melalui pemberian tablet penambah darah secara serentak kepada seluruh remaja putri berusia di atas 12 tahun di Indonesia.

Kepala Dinas Kesehatan Lampung Selatan Joniansyah mengatakan, gerakan nasional aksi bergizi yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia itu bertujuan meningkatkan literasi warga sekolah tentang pentingnya Tablet Tambah Darah (TTD) dan olahraga maupun aktivitas fisik dan konsumsi gizi seimbang.

Lokasi kegiatan SMK 1 Kalianda dan Pondok Pesantren Ushuluddin dengan jumlah peserta 1600 siswi dan sasaran minimum tablet penambah darah untuk 1003 siswi, katanya.

Menurut dia, kegiatan itu bertujuan meningkatkan kualitas sekolah dalam melaksanakan aksi bergizi secara rutin setiap minggu dan meningkatkan kolaborasi lintas sektor terkait, dalam rangka penyelenggaraan aksi bergizi di sekolah.

Sementara, Perwakilan dari Kemenkes RI Rahbudi mengatakan, Gerakan Nasional Aksi Bergizi tersebut merupakan intervensi pemerintah dalam mencegah stunting sebelum masa kelahiran.
Langkahnya, kata dia, dengan rutin meminum Tablet Tambah Darah (TTD) setiap minggu.

“Yang jadi masalah, kalau kecerdasannya menurun. Sekira14 persen anak Indonesia terlahir stunting, dari 18 anak, 1 yang stunting. Tapi bisa dicegah dengan TTD, mencegah stunting yaitu dengan mencegah anemia. Berdasarkan data, 1 dari 6 anak SMP dan 1 dari 3 SMA yang terkena anemia. Hari ini kita berkomitmen, SDM unggul dimulai dari sekarang,” katanya.

Duta Swasembada Gizi Kabupaten Lampung Selatan, Winarni berharap kegiatan itu mampu memberikan motivasi kepada semua pihak untuk berperan aktif mensukseskan aksi bergizi demi terciptanya generasi sehat dan generasi unggul di Kabupaten Lampung Selatan. (hen/ari/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini