Memperingati Hari Santri Nasional Tahun 2022, Pemkab Lamsel Gelar Pengajian

0
361

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM – Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan ( Pemkab Lamsel) melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat menggelar kegiatan Pengajian memperingati Hari Santri Nasional tahun 2022, di Lapangan Tennis Indoor Kalianda, Sabtu (22/10/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri santri dari sejumlah pondok pesantren yang ada di kabupaten itu, jajaran pemerintah daerah serta seluruh elemen masyarakat.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Eka Riantinawati mengatakan, hari santri merupakan hari besar yang disambut masyarakat luas.

“Peringatan hari santri bukanlah milik santri semata, hari santri milik kita semua, milik komponen bangsa yang mencintai tanah air dan milik siapa saja yang memiliki keteguhan di dalam menjunjung nilai-nilai kebangsaan,” ujarnya.

Menurut dia, di masa lalu santri merupakan garda terdepan dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI.

Santri pejuang yang aktif dalam setiap fase perjalanan sejarah bangsa dan perjuangan santri tidak saja terjadi di masa lalu, saat ini pun para santri terus berjuang mengisi pembangunan bangsa.

Sejarah menunjukkan, santri dengan segala kemampuannya bisa menjadi apa saja. Saat ini santri memiliki keahlian bermacam-macam bahkan beberapa dari mereka telah menjadi pemimpin bangsa, seperti KH. Abdurrahman Wahid atau Gusdur dan yang sekarang KH. Ma’ruf Amin, yang menjadi wakil presiden Indonesia,” tuturnya.

Dia meminta, peringatan hari santri nasional dimaknai sebagai napak tilas perjuangan dengan menjaga martabat bangsa.

“Mari bersama-sama mendoakan para santri yang telah gugur sebagai kesuma bangsa pada perjuangan kemerdekaan dahulu.”

“Mudah-mudahan dengan digelarnya pengajian memperingati hari santri, kita petik hikmahnya sebagai nilai-nilai kebersamaan, sekaligus sebagai sarana meningkatkan kadar keimanan dan ketakwaan kita kepada Sang Maha Pencipta, Allah SWT,” katanya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Selatan, Ashari mengatakan, sejak ditetapkan pada 2015, setiap tahunnya selalu rutin menyelenggarakan peringatan Hari Santri dengan tema yang berbeda.

Tahun 2022 peringatan Hari Santri mengangkat tema “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan.”

“Maksud tema Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan, santri dalam kesejarahannya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia. Ketika Indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak dan santri dengan berbagai latar belakangnya siap mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara,” ujarnya.

Ashari mengajak melalui peringatan Hari Santri Tahun 2022, bersama-sama mendoakan para pahlawan terutama kalangan ulama, kiyai, santri yang telah syahid di medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama.

Semoga arwah para pahlawan bangsa ditempatkan yang terbaik di sisi Allah SWT.

“Saya selaku kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Selatan menyampaikan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat l, mari kita bersama-sama mendoakan para pahlawan, baik kiyai maupun santri yang telah syahid di medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama kita,” katanya. (hen/ari/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini