Lampung Selatan Tuan Rumah Jumbara Nasional IX

0
574

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM – Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) siap menjadi tuan rumah Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) Nasional IX, yang akan dilakanakan 26 Juni hingga 2 Juli 2023 mendatang.

Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat, PMI Provinsi Lampung dan PMI setempat melakukan koordinasi terkait persiapan acara tersebut, Jumat (21/10/2022).

Bahkan, untuk mendukung persiapan, Pemkab Lampung Selatan beserta rombongan PMI Pusat, provinsi dan kabupaten survei ke lokasi yang akan dijadikan tempat menampung seluruh peserta Jumbara 2023.

Jumbara 2023 di Kelurahan Way Lubuk, Kecamatan Kalianda. Untuk perkemahan akan ditempatkan di Lapangan Way Handak Expo, sedangkan untuk upacara pembukaan rencananya dilaksanakan di Taman Agro Wisata Way Handak, bersebelahan dengan lokasi perkemahan.

Wakil Ketua PMI Provinsi Lampung Rudi Sjawal Sugiarto mengatakan, Jumbara Nasional IX akan diikuti 34 provinsi serta dihadiri tamu dari berbagai negara.

Rencananya, kegiatan tersebut akan dibuka Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

“Menindaklanjuti keputusan dari Pak Jusuf Kalla, ketua PMI Pusat terkait Jumbara tingkat nasional yang sudah 6 tahun tidak terlaksana karena beberapa pertimbangan dan melihat kesiapan dari PMI Provinsi Lampung, beliau menetapkan Provinsi Lampung khususnya Lampung Selatan menjadi tuan rumah Jumbara tingkat nasional,” ujarnya.

Ketua Bidang Palang Merah Remaja (PMR) dan Relawan PMI Pusat Sasongko Tedjo mengatakan, beberapa faktor yang menyebabkan Lampung Selatan terpilih sebagai lokasi Jumbara tingkat nasional tahun 2023.

“Ada beberapa faktor, kondisi jalan tidak berlubang, kemudian Tol, Kabupaten Lampung Selatan juga sudah siap. Ini adalah event terbesar untuk relawan-relawan, kalau yang di PMI itu dimulai dari tingkatan PMR, Junbara namanya. Kami selalu mengadakan 5 tahun sekali, mestinya kami tahun 2021 tapi terlanda Covid-19,” katanya.

Sasongko mengatakan, Jumbara terakhir dilaksanakan di Kabupaten Pangkep, Provinsi Sulawesi Selatan. Sementara sebelumnya, juga pernah dilaksanakan di Gorontalo, Yogyakarta, Semarang. Kemudian tahun 2023, akan dilaksanakan di Lampung Selatan.

Untuk lokasi pelaksanaan 70 persen sudah siap, tinggal melengkapi fasilitas lainnya seperti MCK, air, listrik, dan sebagainya. Untuk perkemahan1.800 peserta tapi biasanya ada pengantar dan lain sebagainya, sehingga terdapat sekira 3000 orang,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Thamrin, mengapresiasi dan mendukung kegiatan tingkat nasional tersebut, terlebih dipercaya menjadi tuan rumah Jumbara IX.

Menurut dia, lokasi yang akan dijadikan sebagai tempat pelaksanaan Jumbara ke-IX itu memiliki letak yang sangat strategis, berdekatan dengan tempat fasilitas umum lainnya, seperti GOR Way Handak, Rusunawa, Stadion Jati, Masjid, Kolam Renang, Public Safety Center (PSC) 119 dan terhubung langsung dengan Pintu Jalan Tol Kalianda.

“Kami punya 7 Pintu Tol, selain itu juga kami punya banyak tempat wisata, air tawar ada, aiar payau, air asin, air panas juga ada. Alhamdulillah penduduk kami juga terbanyak di Provinsi Lampung, garis pantainya terpanjang di Provinsi Lampung, dan ini akan sangat mendukung untuk pelaksanaan Jumbara ini,” katanya. (hen/ari/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini