Lamsel Terima Penghargaan UHC Tahun 2022 dari BPJS Kesehatan

0
914

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM – Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) sukses mencapai cakupan semesta jaminan kesehatan atau Universal Health Coverage (UHC) tahun 2022.

UHC merupakan perlindungan cakupan kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional di suatu daerah yang minimal 95% dari total jumlah penduduknya mengakses akses keuangan pelayanan kesehatan dengan mendaftarkan diri dari pihak lain menjadi peserta JKN.

Terhitung 1 September 2022, sekira 1.023.968 jiwa penduduk Lampung Selatan telah terdaftar sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari total jumlah penduduk 1.073.867 jiwa atau 95,35%.

Capaian itu mengantarkan Kabupaten Lampung Selatan mennggapai Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) dari BPJS Kesehatan Pusat.Penghargaan tersebut berikan langsung Deputi Direksi BPJS Wilayah Banten, Kalimantan Barat dan Lampung Lisa Nurena kepada Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto, di Aula Sebuku, Rumah Dinas Kabupaten Lampung Selatan, Rabu (14/9/2022).

Atas penghargaan yang diberikan tersebut, Nanang menyampaikan apresiasi dan mendukung penuh Program UHC, mengingat UHC sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga masyarakat, khususnya masyarakat setempat.

“Saya menghimbau kepada seluruh camat dan seluruh UPT Kesehatan untuk tetap semangat melakukan pelayanan kesehatan meski ditengah kondisi inflasi seperti itu. Jangan sampai dengan capaian yang sudah baik tidak didukung dengan pelayanan yang baik juga,” katanya.

Dia mengatakan, Lampung Selatan sebagai kabupaten dengan penduduk Nomor 4  terbesar di Provinsi Lampung telah membuktikan keseriusan dalam mencapai target UHC yang menjadi bukti nyata kebersamaan dan gotong royong yang terintegrasi antara perangkat daerah sehingga UHC tercapai.

“Semua komitmen pemerintah daerah, menjadikan Program UHC sebagai kepastian Jaminan Kesehatan Masyarakat. Maka kami patut berbangga karena baru Kabupaten Lampung Selatan yang berhasil membuka program UHC untuk kriteria kabupaten dengan jumlah penduduk besar,” katanya.

Deputi Direksi Wilayah Banten, Kalimantan Barat dan Lampung Lisa Nurena mengucapkan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan telah mencapai Universal Health Coverage (UHC).

Capaian ini merupakan wujud nyata Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan telah hadir dan membuktikan kesehatan masyarakat Kabupaten Lampung Selatan, ujarnya.

Dia juga meminta kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan untuk tetap mempertahankan dan meningkatkan jumlah kepesertaan JKN/KIS di wilayah Kabupaten Lampung Selatan sehingga seluruh penduduk di Kabupaten Lampung Selatan semuanya telah terlindungi jaminan kesehatan. (hen/amar/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini