Pemuda Wajib Jaga Kerukunan Umat Beragama

0
181

METRO, WARTAALAM.COM – Pemerintah Daerah harus perkuat moderasi beragama, terlebih pada pemuda, agar menjadi generasi yang selalu bertoleransi antar umat beragama, dan dapat menjaga kerukunan.

Pemuda adalah generasi penerus, jadi moderasi beragama harus diperkuat. Agar menjadi generasi yang bisa merekatkan tali persaudaraan antarsesama, serta menghindari intolerans dan menjaga kerukunan, kata Faisal Abdullah, deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kementrian Pemuda dan Olahraga RI saat menghadiri Workshop Moderasi Beragama Pemuda, di Universitas Muhammadiyah Metro, Kamis (1/9/2022).

Moderasi beragama, kata Faisal, juga untuk mencegah masyarakat dan pemuda terpapar faham radikalisme yang dapat merusak negara.

“Berprinsip menerima perbedaan dan mempertegas toleransi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita sebagai umat beragama harus menepis hadirnya radikalisme, yang sangat berpengaruh pada moderasi beragama dan pemuda. Sebagai penerus nilai-nilai agama, kita harus mengembangkan pemahaman sesuai dengan syariat Islam,” katanya.

Sementara itu, Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin mengapresiasi workshop moderasi beragama pemuda itu. Alasannya, kegiatan tersebut untuk menciptakan sinergi dan harmonisasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah, tentang pembangunan di bidang kepemudaan.

Menurut Wahdi, menggelorakan ajaran amalan agama dan sikap toleransi beragama kepada generasi muda sejak dini adalah investasi, untuk memupuk generasi bertaqwa sesuai keyakinan.

Saat ini kecanggihan dan kemajuan teknologi harus dibarengi iman dan taqwa. Pemuda harus dilatih sejak dini terlebih sikap toleransi dan empati terhadap semua orang, ujarnya.

Ke depan, kata Wahdi, Pemkot Metro akan mesosialisasikan moderasi beragama terhadap generasi muda, agar tercipta generasi yang menjalankan amalan dengan baik dan saling menghormati antarpemeluk agama.

“Dengan pengenalan sejak dini, kami berharap ajaran ekstrim dapat dihindari, sehingga menciptakan ketentraman di wilayah Kota Metro. Hal ini juga untuk mewujudkan visi dan misi Kota Metro yang berpendidikan,” kata Wahdi. (Fir/Ilham)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini