IBI Lamsel Gelar Seminar Sehari dan Pengukuhan 23 Bidan Delima

0
222

LAMPUNG SELATAN – WARTAALAM.COM – Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Lampung Selatan Eka Riantinawati menghadiri Seminar Sehari sekaligus Pengukuhan Bidan Delima sebagai rangkaian HUT ke- 71 Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Tahun 2022, di Aula Rajabasa, Kantor Bupati setempat, Jumat (19/8/2022).

Acara yang diselenggarakan Pengurus Cabang IBI Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) tersebut diawali dengan parade fandel 28 ketua ranting pengurus cabang IBI se-kabupaten itu.

Ketua IBI setempat Dwi Supraptiningsih melaporkan, anggota IBI Lampung Selatan saat ini berjumlah 1.283 bidan, dan yang hadir sekira 400 bidan dari 28 ranting.

“Kami terus berupaya menyiapkan para anggota, teman-teman bidan terutama untuk menurunkan angka kematian ibu dan anak, sebagai tenaga kesehatan kami berharap masyarakat dapat mendapatkan pelayanan yang baik dan berkualitas,” ucapnya.

Dia mengatakan, saat ini 80% persalinan ditolong bidan. Sehingga, para bidan diharapkan terus berusaha memberikan yang terbaik sebagai tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan.

Menurut dia, pada kesempatan tersebut, 23 bidan akan dikukuhkan menjadi Bidan Delima, sistem standarisasi kualitas pelayanan bidan praktik swasta, dengan penekanan pada kegiatan monitoring dan evaluasi serta kegiatan pembinaan dan pelatihan yang rutin dan berkesinambungan.

Bidan Delima, kata dia, merupakan program unggulan pemerintah sejak 2003, dengan kinerja yang mengedepankan sistem standarisasi kualitas pelayanan bidan praktek swasta, dengan penekanan pada kegiatan monitoring dan evaluasi serta kegiatan pembinaan dan pelatihan yang rutin serta berkesinambungan.

“Saya berharap semua memberikan pelayanan yang prima dan berkualitas sesuai dengan etika profesi, khususnya dalam layanan kesehatan reproduksi dan keluarga berencana,” ujarnya.

Ia juga menuturkan,keberadaan para bidan sangatlah penting, mengingat keberhasilan program penurunan stunting di Kabupaten Lampung Selatan tidak terlepas dari peran aktif bidan dalam memberikan penyuluhan kepada masyarakat luas, tentang pentingnya asupan gizi bagi ibu hamil, ibu menyusui dan bagi anak balita. (hen/amar/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini