Penjabat Bupati Pringsewu Terima Audiensi Kwarcab

0
158

PRINGSEWU – WARTAALAM.COM – Penjabat Bupati Pringsewu, Lampung Adi Erlansyah mengapresiasi seluruh pengurus, pembina dan pelatih Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) setempat yang telah bekerja dan berdedikasi dalam memajukan Pramuka di kabupaten tersebut.

Menurut Adi Erlansyah, ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Pringsewu saat menerima kunjungan pengurus dan anggota Pramuka Kwarcab Pringsewu di Aula Utama pemkab setempat, Jumat (29/7/2022), Kwarcab Pringsewu merupakan yang terbaik di Provinsi Lampung, hal itu tidak terlepas peran para pengurus, pembina dan pelatih.

Dia mengatakan, Pramuka, satu-satunya organisasi kepanduan yang diakui pemerintah saat ini. Sinergitas antara Pramuka dan pemerintah sangat diharapkan dalam rangka membangun generasi muda yang berkualitas dan mandiri.

Dalam situasi pandemi saat ini, kata dia, masalah yang dihadapi pemerintah adalah anggaran.

“Banyak program yang telah disusun akhirnya tertunda. Namun diharapkan hal ini tidak menyurutkan semangat kita, termasuk Pramuka. Apapun kondisinya tentunya harus dihadapi,” katanya.

Menurut dia didampingi Staf Ahli Bupati Pringsewu Bidang Perekonomian, Keuangan dan Pembangunan Samsir Kasim dan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Budi Heryanto dan Asisten Pemerintahan dan Kesra Purhadi dan jajaran Kwarcab Pringsewu, ke depan akan banyak kegiatan pemerintah daerah yang perlu disinergikan, termasuk dengan Pramuka.

Yang jelas pemerintah daerah tetap berkomitmen untuk selalu mendukung kegiatan kepramukaan. Ada perangkat daerah yang tentunya terlibat langsung dengan Pramuka yakni Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Jadi diharapkan ada sinergitas yang lebih erat, ujarnya.

Sementara itu, Ketua Harian Kwarcab Pringsewu Gandung Hartadi mewakili Ka Kwarcab Pringsewu Fauzi mengatakan, Pramuka Kwarcab Pringsewu saat ini sudah berstandar nasional.

“Di Lampung, kami Kwarcab Pringsewu sejajar dengan Kwarcab Bandar Lampung dan Metro dan lainnya,” katanya.

Menurut dia, Kwarcab Pringsewu akan mengirimkan 16 anggota yang terdiri dari 8 putra dan 8 putri bergabung dan mewakili Kwarda Lampung mengikuti Jambore Nasional di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta, 14-21 Agustus 2022 mendatang.

Namun, kata Gandung, karena masih dalam pandemi, pelaksanaan Jambore Nasional tahun ini sangat berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, untuk perkemahan misalnya, sangat dibatasi.

Jika biasanya satu tenda untuk sepuluh orang, sekarang satu tenda untuk satu orang. Sebagai persiapan, Kwarcab Pringsewu telah mengadakan pemusatan latihan selama 3 bulan. Saat Jambore Nasional nanti, Kwarcab Pringsewu juga akan menampilkan pentas cerita yakni Tuah Way Karawang, ujarnya.(ade)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini