Tim P2WLS Bersihkan Bendungan Way Ratu

0
150

LAMPUNG SELATAN – WARTAALAM.COM – Tim Penggerak Pesona Wisata Lampung Selatan (P2WLS) bersama warga dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Negara Ratu, bersama-sama membersihkan destinasi Desa Wisata Bendungan Way Ratu, Rabu (13/7/2022).

Sejumlah peralatan diturunkan, seperti 2 perahu karet dari Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, 1 perahu karet Badan Penanggulan Bencana Daerah, perahu milik Desa Wisata Way Ratu, kendaraan pengangkut sampah dari Dinas Lingkungan Hidup serta beberapa peralatan lainnya.

Tim gabungan yang masuk dalam P2WLS melakukan gotongroyong. Anggota dibagi menjadi beberapa tim, ada yang bertugas mencabut rumput, mengumpulkan sampah hingga membuang sampah ke truk yang telah disediakan.

Semangat gotongroyong terlihat dari kekompakan, kesatuan dan kebersamaan dari seluruh anggota P2WLS dan Pokdarwis Desa Negara Ratu.

Kepala Desa Negara Ratu Hery Putra mengatakan, luas area embung secara keseluruhan 6 hektare. Namun area embung sudah banyak ditumbuhi enceng gondok dan rumput liar lainnya, area embung diperkirakan hanya 2 hektare.

Untuk memperluas area, Tim P2WLS melalui program Gerot Wisata, melakukan gotong-royong membersihkan enceng gondok dan tanaman liar lainnya.

“Kami melaksanakan giat gotongroyong membersihkan Desa Wisata Way Ratu,” ujarnya.

Sementara, Koordinator Lapangan, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Mulyadi Saleh mengatakan, kegiatan tersebut melibatkan beberapa unsur perangkat daerah dan unsur satuan kerja lainnya.

Dia mengatakan, beberapa perangkat daerah tersebut,
Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Dinas Lingkungan Hidup, Badan Penanggulan Bencana Daerah, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Masyarakat dan Kelompok Sadar Wisata Desa Negara Ratu.

“Kami turun ke lokasi embung sekira pukul 09.45 WIB. Hingga pukul 11.00 WIB, kami sudah membersihkan area sekira 600 meter persegi, kami saling bahu membahu membersihkan rumput liar,” katanya. (hen/amar/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini