ASDP Bakauheni Siapkan 32 Kapal Melayani Arus Mudik

0
106

LAMPUNG SELATAN – WARTAALAM.COM – ASDP Cabang Bakauheni, Lampung Selatan menyiapkan 32 kapal  untuk melayani arus mudik Lebaran 2022.

Untuk angkutan Lebaran 2022 disiapkan 32 unit kapal, ujar General Manajer (GM) PT ASDP Cabang Bakauheni, Suharto, di Lampung Selatan, Rabu (13/4/2022).

Ia mengatakan 32 kapal yang siap beroperasi selama angkutan Lebaran 2022 itu terdiri atas 4 unit kapal pelayaran ekspres dan 28 unit kapal pelayaran regular.

Secara keseluruhan kapal regular ada 70 unit, sedangkan kapal ekspres ada 6 unit. Namun memang untuk ekspres yang dioperasikan per hari hanya 4 unit untuk menjaga stabilitas operasional, katanya.

Menurutnya, untuk mengantisipasi peningkatan permintaan akan penyeberangan melalui kapal laut pada arus mudik, pihaknya siap menambah armada kapal.

“Kami lihat dahulu jumlah permintaan akan kapal, kalau tinggi akan ditambah ini dilakukan untuk mengurangi lonjakan penumpang di pelabuhan,” ujarnya.

Dia mengatakan, untuk saat ini jumlah keberangkatan ataupun kepulangan penumpang di pelabuhan belum cukup tinggi, dimana dalam sehari ada 1.000 sampai 1.500 penumpang.

Belum ada kenaikan signifikan, untuk penumpang sekitar 1.000 sampai 1.500 orang, untuk logistik sekitar 5.000 sampai 6.000 kendaraan. Untuk prediksi memang belum terlihat tapi diperkirakan naik 5-10 persen dari jumlah penumpang di hari biasa, katanya.

Ia mengharapkan di tengah penurunan kasus COVID-19 aktivitas penyeberangan kapal laut dapat kembali pulih, namun dengan tetap berhati-hati antara lain dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. (***)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini