TP PKK Lamsel Gelar Peringatan ke-50 HKG

0
92

Lampung Selatan, wartaalam.com – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Lampung Selatan menggelar peringatan ke-50 Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK secara hybrid, Jumat (4/3/2022).

Secara tatap muka kegiatan dipusatkan di Aula Rajabasa Setdakab Lampung Selatan. Sedangkan, secara virtual kegiatan diikuti kader TP PKK tingkat kecamatan dan desa melalui aplikasi zoom meeting.

Hadir dalam kegiatan tersebut, jajaran pejabat terkait di Pemerintahan Kabupaten Lampung Selatan, Wakil Ketua TP PKK Lampung Selatan Nuri Maulida Pandu, Ketua Dharma Wanita Persatuan Lampung Selatan Yani Thamrin, Gabungan Organisasi Wanita serta beberapa organisasi lainnya.

Adapun kegiatan yang mengusung tema “Lima Puluh Tahun Gerakan PKK, Berbakti untuk Bangsa, Berbakti untuk Sesama” diawali dengan pembacaan sejarah Gerakan PKK di Indonesia oleh Sekretaris TP PKK Kabupaten Lampung Selatan Eka Riantinawati.

Ketua TP PKK Lampung Selatan (Lamsel) Winarni Nanang Ermanto mengatakan, momentum peringatan ke-50 HKG PKK harus dijadikan sebagai media mawas diri secara kelembagaan dan melakukan evaluasi program.

Dalam setiap program tersebut harus disesuaikan dan diselaraskan dengan program dan kebijakan pemerintah daerah, serta penerapannya harus menggunakan pendekatan partisipatif dan kerjasama.

Sejalan dengan makna herakan maka PKK harus bergerak dinamis mengikuti perkembangan.

Nuansa pembaharuan dalam gerakan PKK, jangan monoton dan harus ada keselarasaran gerak dengan kebijakan pemerintah, ujar Winarni menyampaikan arahan dari Ketua Umum TP PKK Pusat Ny. Tri Tito Karnavian.

Agar seluruh program TP PKK berjalan baik dan tepat sasaran, kata Winarni, diperlukan penyesuaian manajemen kelembagaan organisasi pada semua jenjang.

‘Perlu saya sampaikan dan semua tentu tidak menginginkan hasil Rakernas IX PKK tahun 2021 hanya menjadi dokumen yang tersimpan di dalam lemari,” ujarnya.

Winarni berharap, melalui peringatan ke-50 HKG PKK dapat menjadi titik awal untuk terus meningkatkan semangat pembaharuan, mengembangkan daya kreasi dan kreatifitas dalam pemberdayaan keluarga.

Kemeriahan dan syukur dalam memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK, harus selalu menimbulkan gelora, yakni membawa semangat baru dan energi baru pada setiap gerak langkah dan kridanya, katanya.

Sementara, Sekretaris Daerah Lampung Selatan Thamrin mewakili serta menyampaikan sambutan bupati setempat mengatakan, memasuki usianya yang ke-50 tahun, banyak capaian yang telah diraih TP PKK Kabupaten Lampung Selatan sebagai mitra kerja pemerintah daerah di bidang pemberdayaan perempuan.

Menurut Thamrin, capaian tersebut merupakan cermin dari suksesnya 10 program pokok PKK yang selama ini telah dijalankan, baik tingkat kecamatan maupun desa, sehingga mendorong suksesnya program pemerintah untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri dan sejahtera.

Jadilah pelopor emansipasi wanita untuk persamaan gender pada setiap bidang pekerjaan, hingga terbangun keluarga sejahtera yang harmonis serta perempuan harus mengambil peluang sekecil apapun untuk meningkatkan perekonomian keluarga, ujarnya.

Thamrin mengucapkan mengucapkan selamat memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK.

“Semoga momentum peringatan ke-50 Hari Gerak PKK tahun ini menjadi motivator bagi kita, khususnya kaum perempuan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga. (hen/rif/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini