BKSDA Evakuasi Orang Utan Terjebak di Kebun Warga

0
114

Banda Aceh, wartaalam.com – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh mengevakuasi satu orang utan sumatera (pongo abelii) yang terjebak di kebun warga di Kawasan Blang Mee, Kecamatan Lhoong, Kabupaten Aceh Besar.

Kepala BKSDA Aceh Agus Arianto di Banda Aceh, Jumat (4/3/2022), mengatakan, orang utan tersebut berjenis kelamin jantan, berusia sekira 11 tahun dan dalam kondisi sehat.

Evakuasi tersebut berdasarkan informasi warga yang melaporkan ada satu orang utan masuk kebun warga di Gampong Lamkuta Blang Mee, Kecamatan Lhoong, Kabupaten Aceh Besar, 2 Maret 2022, kata Agus Arianto.

Berdasarkan laporan tersebut, kata Agus Arianto, tim BKSDA Aceh turun untuk melakukan pengecekan.

Setelah dipastikan benar ada orang utan di kebun tersebut, Tim BKSDA Aceh mempersiapkan proses evakuasi serta berkoordinasi untuk pengamanan.

Agus Arianto mengatakan, evakuasi dilakukan bersama mitra pada 3 Maret 2022. Evakuasi dilakukan dengan senapan bius melibatkan tim Yayasan Ekosistem Lestari (YEL), kepolisian, koramil, dan masyarakat setempat.

Setelah memeriksa kondisi orang utan tersebut dan dinyatakan sehat, selanjutnya satwa dilindungi itu dibawa ke Pusat Reintroduksi Orang Utan di Cagar Alam, Jantho, Kabupaten Aceh Besar, kata Agus Arianto.

Agus Arianto mengatakan, orang utan sumatra merupakan satwa dilindungi. Orang utan sumatera hanya ditemukan di Pulau Sumatera dan kini statusnya kritis serta berisiko tinggi punah di alam liar.

BKSDA, kata Agus Arianto, mengajak masyarakat menjaga kelestarian orang utan dengan cara tidak merusak hutan yang merupakan habitat-nya. Termasuk menangkap, melukai, memelihara, serta memperdagangkan baik dalam hidup maupun mati.

“Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada masyarakat yang telah melaporkan keberadaan orang utan itu serta para pihak membantu evakuasi atau penyelamatan satwa dilindungi tersebut,” kata Agus Arianto. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini