29.6 C
Bandar Lampung
Kamis, September 29, 2022
spot_img
BerandaDaerahUnila Gol Loan ADB Rp.600 M Guna Pembangunan RSPTN...

Unila Gol Loan ADB Rp.600 M Guna Pembangunan RSPTN dan IRC

 9 dilihat

BANDAR LAMPUNG – WARTAALAM.COM  – Universitas Lampung (Unila)  goal loan Asian Development Bank (ADB) senilai Rp600 miliar untuk pembangunan Rumah Sakit Perguruan Tinggi Negeri (RSPTN) dan Gedung Integrated Riset Center (IRC).

RSPTN Unila direncanakan bertipe C dengan kapasitas 100 tempat tidur dengan pusat layanan unggulan terdiri dari tropical infectious, endocrine and metabolic, geriatrics, dan medical rehabilitation, kata Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja sama, dan TIK Unila Prof. Ir. Suharso, S.Si., Ph.D., di Bandar Lampung, Senin (14/2/2022).

Ia mengatakan, Unila sangat peduli untuk melakukan peningkatan besar-besaran guna mendukung visi 2025, melalui peningkatan kualitas pendidikan kedokteran melalui pengembangan RSPTN dan pusat penelitian pada proyek-proyek Universitas Lampung.

Proyek itu diharapkan memberikan hasil yang berguna melalui rencana strategis yang dikembangkan dengan baik untuk meningkatkan daya saing dan produktivitas, kata dia.

Menurutnya, keberhasilan pengembangan sumber daya manusia tidak dapat dipisahkan dari kualitas sistem pelayanan publik, terutama sektor kesehatan, dengan semangat kemandirian guna mencapai kesejahteraan sambil berjuang meraih visi dan menjalankan misinya, Unila secara aktif berpartisipasi dalam perencanaan layanan kesehatan masyarakat.

Terlebih, universitas negeri pertama dan terbesar di Lampung memainkan peran penting untuk mengembangkan sumber daya manusia dan layanan kesehatan di Kota Bandar Lampung dan Provinsi Lampung.

RSPTN Unila dalam proyek ini merupakan “Rumah Sakit Model” di Sumatera dengan slogan “Rumah Sehat” dengan konsep ramah lingkungan, berbasis IT, efisiensi energi, tahan gempa, dan responsif terhadap gender, ujarnya.

Ia mengatakan, keberadaan RSPTN yang terintegrasi pusat penelitian atau Integrated Research Center (IRC) Unila dirancang untuk mendukung dosen dalam melakukan penelitian, serta bekerja sama dengan dosen dari disiplin ilmu lain dari dalam dan maupun luar Unila, bahkan di dalam dan luar negeri.

“Kami harapkan Rumah Sakit dan IRC dapat meningkatkan kapasitas penelitian, serta menyediakan data dan kasus untuk penelitian yang akan memperkuat kuantitas dan kualitas penelitian di fakultas kedokteran Unila.

Menurut dia, sebagai hasil dari penelitian tersebut akan mendukung meningkatkan layanan rumah sakit untuk membangun jalur klinis.

IRC harus memiliki fasilitas penelitian terbaru dan andal. Dengan adanya IRC, diharapkan dokter spesialis dapat melakukan penelitian sesuai bidang spesialisasi mereka dan berkolaborasi dengan dokter atau peneliti dari bidang ilmu dasar sehingga mereka dapat mendukung tema penelitian yang merupakan tujuan utamanya, kata dia. (*)

Berita Terkait

Keuangan Bermasalah Pemkab Lamtim Lempar Bola ke Kominfo

LAMPUNG TIMUR, WARTAALAM.COM - Tidak dapat merealisasikan kewajibanya merupakan...

Rycko Menoza Terima Penghargaan Wajib Pajak Teladan

BANDARLAMPUNG, WARTAALAM.COM - Rycko Menoza menerima penghargaan sebagai wajib...

Pekon Sukamulya Bagikan BLT DD Tahap II Tahun 2022

PRINGSEWU, WARTAALAM.COM - Pemerintahahan Pekon Sukamulya, Kecamatan Banyumas, Kabupaten...

KPK RI Kampanyekan Anti Korupsi Sejak Dini di Lamsel

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI...
spot_img
Semua Negara
621,917,791
Total kasus terkonfirmasi Kasus Covid
Updated on September 29, 2022 9:10 am

Langganan Berita

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini