Bupati Lamsel Buka Muscab XIV Kwarcab Gerakan Pramuka

0
103

LAMPUNG SELATAN – WARTAALAM.COM – Bupati sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Lampung Selatan (Lamsel) Nanang Ermanto membuka Musyawarah Cabang (Muscab) ke-XIV Kwartir Cabang Gerakan Pramuka setempat.

Kegiatan yang digelar di aula sebuku rumah dinas bupati setempat, Kamis (6/1/2022), mengusung tema Bersinergi Membangun Kader untuk Terus Berbakti.

Muscab ke-XIV itu juga bersamaan dengan pengukuhan Pramuka Garuda Lampung Selatan, turut dihadiri Wakil Ketua Majelis Pembimbing Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Lampung Selatan Pandu Kesuma Dewangsa.

Jajaran Forkopimda Lampung Selatan, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Thamrin beserta jajaran, Ketua Harian Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Lampung Wan Abbas Zakaria, dan Ketua Harian Kwartir Gerakan Pramuka Lampung Selatan Sukadi.

Ketua Harian Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Lampung Wan Abbas Zakaria, mengatakan Muscab merupakan wujud proses yang sangat penting dan strategis dalam memperkuat kepemimpinan organisasi.

Dia menuturkan, dalam kegiatan Muscab ke-XIV tersebut akan dilaksanakan diskusi guna memilih ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Lampung Selatan periode 2022 – 2027 mendatang.

“Tantangan bagi kwarcab yang in syaa Allah nanti akan terpilih, yang pertama program revitalisasi gerakan Pramuka agar terus dilaksanakan secara menyeluruh, sehingga ke depan kita dapat mewujudkan gerakan Pramuka menjadi satu-satunya organisasi pilihan bagi pilihan,” katanya.

Wan Abbas Zakaria mengatakan, melalui kepemimpinan yang kuat dan inovatif diharapkan Gerakan Pramuka mampu berkontribusi dalam pembangunan daerah, melalui pembentukan karakter anak bangsa.

“Pramuka harus mengambil tempat di sini, bagaimana merevitalisasi gugus depan kita masuk ke masyarakat, membangun menjadi daerah yang inovatif,” ujarnya.

Sementara, Ketua Majelis Pembimbing Kwartir Cabang Pramuka Lampung Selatan Nanang Ermanto, mengatakan ketua Kwarcab terpilih nantinya harus mampu membina dan memimpin organisasi. Sehingga nantinya mampu membentuk karakter anak bangsa menjadi lebih baik.

“Karena di sini adalah fundamen dasar, bagaimana di sini kita akan mencari penerus generasi yang berkarakter, berdedikasi. Fundamen bangsa kedepan, di sinilah terbentuknya karakter,” katanya.

Menurut Nanang, Pramuka merupakan organisasi pembentuk karakter anak bangsa, melalui pengamalan nilai-nilai Pancasila sebagai fundamen dasar.

“Dengan fundamen dasar Pancasila kita, apalagi adik-adik dan kakak-kakak Pramuka bagaimana bisa mengamalkan pancasila, ini kita tularkan terus ke anak bangsa kita. Ini adalah tugas kita semua,” katanya. (hen/rif/kmf).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini