68 CPNS Golongan II Pemkab Pringsewu Ikuti Latsar

0
93

PRINGSEWU – WARTAALAM.COM – Sekitar 68 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) golongan II di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pringsewu, Lampung, mengikuti pelatihan dasar (latsar).

Mereka berasal dari angkatan I dan II, dengan masing-masing angkatan berjumlah 34 peserta.

Wakil Bupati Pringsewu Fauzi membuka kegiatan itu, di Aula Utama Pemkab Pringsewu, Senin (20/9/21).

Dia bersama Kepala BPSDM Provinsi Lampung yang diwakili Kabid Pengembangan Kompetensi Manajerial Elip Heldan, Asisten Administrasi Umum Hasan Basri, dan Sekretaris BKPSDM Kabupaten Pringsewu Judy Muljana, ditandai dengan penyematan tanda peserta secara simbolis.

Wakil Bupati Pringsewu mengatakan pelatihan dasar merupakan kegiatan yang wajib diikuti setiap CPNS, agar menjadi Aparatur Sipil Negara yang penuh kedisiplinan, profesional, dan berkompeten serta mampu melaksanakan tugas dan kewajiban secara optimal, serta setia dan taat kepada negara dan pemerintah, bermoral dan bermental baik, dan mampu menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

Ibarat masuk ke dalam rumah, CPNS baru berada di teras rumah, belum masuk ke ruang utama di dalam rumah, kata dia.

Latsar, kata dia, dibiayai negara yang berasal dari uang rakyat. Haruslah bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan itu sehingga lulus dan menjadi PNS 100%.

Jaga kesehatan serta kekompakan selama mengikuti latsar, ujarnya.

Kabid Pengembangan Kompetensi Manajerial BPSDM Provinsi Lampung Elip Heldan mengatakan, Kabupaten Pringsewu daerah yang beruntung dalam pelaksanaan latsar karena mampu melaksanakan walaupun di tengah pandemi Covid-19.

Heldan mengatakan kegiatan itu bukan formalitas, tetapi merupakan persyaratan agar diangkat menjadi PNS 100%.

Kegiatan itu melibatkan tiga lembaga negara, LAN, BKN, dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Harus diikuti dengan sungguh-sungguh sesuai aturan yang ada, katanya.

Dia berpesan kepada seluruh peserta senantiasa disiplin, mengikuti ketentuan yang telah ditetapkan, menjaga kesehatan dengan mematuhi protokol kesehatan, serta membangun kerjasama yang harmonis, baik dengan peserta maupun penyelenggara.

Sementara itu, Sekretaris BKPSDM Kabupaten Pringsewu Judy Muljana mengatakan, latsar CPNS golongan II angkatan I dan II dilakukan dari 20 September hingga 25 November 2021 yang dilaksanakan di dua lokasi, pembelajaran klasikal di Hotel Regency Pringsewu dan pembelajaran non-klasikal di unit kerja masing-masing.

Untuk tenaga pengajar berasal dari widyaiswara BPSDM Provinsi Lampung yang telah mengikuti diklat Training of Facilitator, kepala BPSDM Provinsi Lampung dan BKPSDM Kabupaten Pringsewu serta dari Kodim 0424, kata dia.

Untuk materi latsar, kata Judy, terdiri dari kurikulum pembentukan karakter PNS, yang terdiri dari agenda sikap perilaku bela negara, agenda nilai-nilai dasar PNS, agenda kedudukan dan peran PNS dalam NKRI dan agenda habituasi.

Serta kurikulum penguatan kompetensi teknik bidang tugas, katanya. (ade)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini