Kebutuhan Hewan Kurban di Bandar Lampung Mencapai 5000 Ekor

0
101

BANDAR LAMPUNG – WARTAALAM.COM – Dinas Pertanian dan Perternakan (Distanak) Kota Bandar Lampung menyatakan kebutuhan hewan kurban Idul Adha tahun 2021 di kota itu mencapai 5.000 ekor.

Untuk Idul Adha tahun ini kebutuhan masyarakat ada peningkatan dibandingkan tahun lalu.

Tahun ini kemungkinan capai 5.000 ekor, kata Kepala Dinas Pertanian dan Perternakan Kota Bandar.Lampung Agustini, Jumat (25/6/2021).

Dia mengatajan untuk Idul Adha tahun ini kebutuhan hewan kurban jenis sapi mencapai 2.000 ekor, sedangkan kambing berjumlah 3.000 ekor.

Kebutuhan masyarakat akan hewan kurban masih aman karena ketersediaan nanti akan dihadirkan di lapak-lapak penjual hewan kurban yang ada di 20 kecamatan, kata dia.

Agustini mengatakan, mendekati pelaksanaan hari raya kurban pihaknya akan melakukan pengawasan kesehatan terhadap hewan-hewan kurban yang dijual di lapak-lapak penjualan guna memastikan sapi atau kambing yang ditawarkan ke masyarakat sehat dan bebas penyakit.

“Nanti kami cek kesehatan bersama tim dari Provinsi Lampung mulai H-7 ke lapak-lapak penjulaan hewan kurban,” katanya.

Ia mengimbau kepada penjual ataupun pembeli hewan kurban, dalam melakukan jual beli tetap melaksanakan protokol kesehatan sebab saat ini pandemi COVID-19 masih berlangsung.

“Kami menghimbau masyarakat, pemotongan hewan kurban tetap sesuai tata cara yang benar, terutama dalam pengemasan, seperti tidak boleh memakai plastik hitam, pakai sarung tangan, memakai masker dan tidak berkerumun dalam pembagiannya,” kata dia.

Sementara itu, Kasi kesehatan Hewan dan Kesmavet Dinas Pertanian Kota Bandar Lampung M. Rifki, mengatakan, pasokan hewan kurban di kota itu rata-rata berasal dari daerah lain di Provinsi Lampung.

Pasokan hewan kurban di kota itu berasal dari Kabupaten Lampung Selatan, Lampung Tengah, dan Lampung Timur, kata dia.

Pada Idul Adha tahun 2020 warga Bandar Lampung membutuhkan  hewan kurban mencapai 3.900 ekor yang terdiri dari sapi 1.500 ekor dan kambing 2.400 ekor. (nov)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini